Tim mahasiswa Informatika Telkom University berhasil raih runner up kompetisi Jenius Hackaton 2019. Adalah Raihan Hamid Suraperwata, mahasiswa S1 Teknik Informatika bersama 4 temannya dari Universitas Gadjah Mada dengan produk aplikasi chatbot.

“Aplikasi yang tim saya buat adalah chatbot, yaitu aplikasi untuk membantu anak-anak muda dalam berinvestasi. Anak-anak muda biasanya bingung buat investasi, nantinya dengan chatbot, mereka hanya perlu chat kemudian bisa menyimpan uang dan terkoneksi langsung dengan Jenius”, terang Raihan

Tahapan kompetisi yang mereka ikuti dimulai dengan seleksi ide aplikasi berdasarkan inovasi ide, konsep, kreativitas, desain aplikasi, nilai tambah dan manfaat baik bagi pengguna maupun masyarakat luas. Dalam tahap aplikasi akan dipilih 30 tim yang lolos ke babak final. Di babak ini, setiap tim diberi waktu 24 jam untuk melakukan coding membuat produk sesuai proposal yang telah diajukan.

“Pada saat hari H, kita datang dengan bawa laptop yang tidak ada program, kemudian diproses seharian bikin program, coding dan besoknya dipresentasikan ke juri”, lanjut Raihan.

Jenius Hackaton 2019 adalah kompetisi untuk menantang para pengembang di Indonesia dalam membuat berbagai macam solusi berbentuk aplikasi finansial yang dapat diimplementasikan dengan mudah pada satu hingga dua tahun mendatang. Tema yang diusung Jenius Hackaton kali ini adalah “Innovation & Customer Focus” yang berlangsung 23-24 Februari 2019 di Menara BTPN.