Sabtu, 23 Maret 2019, 3 orang mahasiswa Fakultas Informatika Telkom University Bandung berhasil meraih juara 1 ajang RESPECTACULAR : UNPAD Hackaton Weekend kerjasama antara The NextDev Telkomsel dengan Universitas Padjajaran. Mereka adalah Tri Broto Siswoyo, Tengku Muhammad Risky, dan Malik Anhar Maulana.

Ajang yang bertema “Innovations in Career Development” ini digelar untuk memfasilitasi kolaborasi antara pelaku teknologi digital dan para developer aplikasi dalam mengembangkan produk digital baru yang dapat menjadi solusi inovatif di bidang pengembangan karir.

RESPECTACULAR : UNPAD Hackaton Weekend berlangsung selama dua hari. Hari pertama, 100 peserta dengan berbagai keahlian dibagi menjadi 10 kelompok agar tercipta kolaborasi dalam membangun produk digital hingga tahap prototype atau minimum viable product (MVP). Selama kegiatan peserta mendapatkan pengajaran, bimbingan, dan konsultasi dengan beberapa mentor ahli di industri kreatif digital seperti CEO Inagri Muhammad Shiddiq Azis, CEO iGrow Andreas Senjaya, dan Kejora Ventures Investment Officer Emil Reven. Pada hari kedua, setiap kelompok mempresentasikan prototype atau MVP yang mereka ciptakan kepada dewan juri yang terdiri dari mentor-mentor ahli tersebut, serta perwakilan manajemen UNPAD dan Telkomsel.

Pemenang UNPAD Hackathon Weekend ditentukan berdasarkan beberapa kriteria penilaian, mulai dari inovasi ide dan konsep, kreativitas dan desain aplikasi, nilai tambah atau manfaat bagi pengguna, penggunaan teknologi, manfaat bagi masyarakat akademis, hingga potensi implementasi aplikasi dalam 1-2 tahun ke depan.