Fakultas Informatika berawal dari program studi S1 Teknik Informatika yang berada dibawah Sekolah Tinggi Teknologi Telkom (STT Telkom) yang berdiri pada tahun 1992. Departemen Informatika berubah menjadi Fakultas Informatika pada saat STT Telkom berubah menjadi Institut Teknologi Telkom (IT Telkom) pada tahun 2007. Telkom University berdiri pada tahun 2013 dengan Informatika sebagai salah satu Fakultas di dalamnya. Fakultas Informatika terdiri dari lima prodi yaitu Prodi S1 Teknik Informatika, S1 Teknologi Informasi, S1 Rekayasa Perangkat Lunak, S1 PJJ Informatika dan S2 Teknik Informatika. Gabungan kelima prodi merupakan suatu tantangan dalam hal penyatuan sistem pengelolaan dan penyamaan budaya. Disamping tantangan seperti disebutkan diatas, kelima prodi memiliki sejumlah kesamaan dan kelebihan yang merupakan modal bersama untuk dapat dipadukan menjadi bahan pengembangan Fakultas Informatika.

Pengembangan Fakultas Informatika merupakan bagian dari peningkatan kualitas pendidikan nasional yang merupakan salah satu usaha untuk mendukung ketercapaian Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia 2011-2025(MP3EI) dalam menciptakan generasi bangsa yang memiliki kompetensi untuk bersaing dengan bangsa lain. Serta mendukung Rencana Strategis Universitas Telkom dalam rangka mencapai Visi untuk menjadi perguruan tinggi berkelas dunia yang berperan aktif dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan seni berbasis teknologi informasi dengan empat tahap yaitu: governance excellence, academic management excellence, academic resources excellence, dan academic quality excellence, sejalan dengan itu Fakultas Informatika bertekad menjadi fakultas berkelas dunia yang unggul dalam pendidikan, penelitian, dan kewirausahaan bidang informatika dan komputer yang bermanfaat untuk masyarakat dan berperan aktif dalam meningkatkan daya saing bangsa pada tahun 2023.

Fakultas Informatika merupakan salah satu dari tujuh Fakultas yang berada dalam lingkungan Universitas Telkom dengan fokus keilmuan dalam bidang Informatika/Computing yang merupakan back-bone bagi bidang ICT (Information and Communication Technology). Dalam perkembangan ICT pada akhirnya semua bentuk Informasi yang dikirimkan (Data, Suara, Siaran Televisi, Radio) akan berbentuk Digital dan berbasis IP. Pertumbuhan pengguna Internet dan mobile subscriber merupakan indikasi bahwa bidang ICT akan menjadi sunrise dalam era globalisasi.

Fakultas Informatika menetapkan 5 tahapan dalam Rencana Startegis Tahun 2019-2023 yang meliputi: digital learning ecosystem, academic excellence, research excellence, national entrepreneurial excellence, dan global entrepreneurial excellence. Setiap tahapan akan dilandaskan pada tata nilai Universitas Telkom yaitu Harmony, Excellent Integrity (HEI) untuk menjamin pondasi yang kokoh dalam mewujudkan visi Fakultas Informatika tahun 2023.