SMAN 1 Dayeuhkolot merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas Negeri yang ada di kabupaten Bandung dan satu-satunya Sekolah Menengah Atas Negeri di daerah Dayeuhkolot. SMAN 1 Dayeuhkolot beralamat di Jalan Sukapura Nomor 99, Sukapura, Dayeuhkolot, Bandung, Jawa Barat. Letaknya yang berdekatan dengan kawasan Telkom University menjadikan SMAN 1 Dayeuhkolot dapat ditempuh dengan berjalan kaki selama kurang lebih 15 menit dari Telkom University.

Sebagai salah satu institusi negeri yang menangani masalah pendidikan, tentunya SMAN 1 Dayeuhkolot haruslah siap menghadapi tantangan era globalisasi saat ini. Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, maka proses pembelajaran saat ini sudah mulai menggunakan teknologi yang memudahkan proses pembelajaran. Salah satunya adalah penggunaan slide presentasi dalam penyampaian pembelajaran di kelas. Dengan menggunakan slide presentasi, diharapkan siswa dapat lebih mudah memahami materi di kelas. Karena dengan menggunakan slide presentasi, kita dapat menambahkan media lain seperti gambar, suara dan video untuk ditampilkan sebagai ilustrasi dalam proses pembelajaran. Namun hal ini merupakan salah satu tantangan lain bagi SMAN 1 Dayeuhkolot, khususnya bapak dan ibu guru untuk membuat slide presentasi yang interaktif dan komunikatif.

Slide presentasi yang tidak menarik dan kurang komunikatif menyebabkan siswa cepat merasa bosan dan sulit menerima materi. Hal ini tentunya akan berpengaruh pada proses pembelajaran. Untuk itu diharapkan penyelenggaraan pelatihan pembuatan slide yang interaktif dan komunikatif akan dapat meningkatkan produktivitas proses pembelajaran di SMAN 1 Dayeuhkolot.

Universitas Telkom melalui hibah Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Dana Internal Periode 2 Tahun 2018 telah mendanai kegiatan pelatihan untuk guru-guru di eksakta SMAN 1 Dayeuhkolot dalam pengembangan konten pengajaran (presentasi interaktif) menggunakan software articulate yang disematkan dalam Microsoft Power Point pada tanggal 25-26 Januari 2019. Berikut adalah Tim Pelatihan pengembangan konten pengajaran interaktif menggunakan Software Articulate yang disematkan dalam Microsoft Power Point:

  1. Satria Mandala, Ph.D. (Ketua Pelaksana)
  2. Annisa Aditsania, S.Si., M.Si (Anggota-Dosen)
  3. Okta Gusmianto Rivelino (Asisten Pelatihan-Mahasiswa)
  4. Gatot Primaulida Saputro (Asisten Pelatihan-Mahasiswa)
  5. Ronald Tulus (Asisten Pelatihan-Mahasiswa)

Dari hasil feedback menunjukkan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat baik. Karena memiliki range score feedback 4 dengan perolehan persentase Jumlah Setuju + Sangat Setuju sebesar 98.75%.