Pemanfaatan Internet untuk Membantu Pemasaran Produk dan Peningkatan Desain Produk Rumahan di Cidahu

0
74

Fakultas Infomatika pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2019 telah melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan judul, “Pemanfaatan Internet untuk membantu pemasaran produk dan workshop peningkatan desain dan fungsi produk rumahan di Cidahu, Purwakarta”. Kegiatan ini berlangsung sesuai dengan rencana atas kerjasama yang baik dengan ruang karya TPQ Qurrota A’yun yang berada di Desa Cidahu, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Purwakarta. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tema seperti ini adalah yang pertama kali dilakukan oleh Universitas Telkom di wilayah kabupaten Purwakarta. Partner kerjasama TPQ Qurroa A’yun merupakan lembaga pendidikan Quran yang dimiliki oleh pasangan suami isteri bapak Ade Kholik dan ibu Cucu Nurhikmah. Selain melakukan pendidikan Quran, mereka juga telah memprakarsai adanya Ruang Karya TPQ Qurrota A’yun yang menggerakkan para orang tua murid untuk berkarya secara bersama-sama membentuk produk rumahan rajutan. Mereka telah menerima beberapa pesanan lokal, dimana model produk yang dibuat dipelajari secara otodidak melalui blog dan tutorial youtube.

Acara pengabdian kepada masyarakat yang diadakan pada hari Minggu, 17 Maret 2019 secara umum menyediakan 2 (dua) sesi pelatihan, yaitu pelatihan peningkatan fungsi dan desain produk, dan pelatihan bagaimana meningkatkan pemasaran melalui sosial media (instagram dan komunitas facebook) dan online shop seperti Tokopedia. Acara dibuka dengan do’a dan sambutan dari pemilik TPQ Qurrota A’yun, bapak Ade Kholik dan perwakilan dari Telkom University, yaitu ibu Irma Palupi. Setelah selesai diberikan gambaran secara umum tentang konten dan teknis pelatihan yang akan dilakukan pada hari itu, sesi pertama pelatihan pun dimulai. Pelatihan pertama adalah pelatihan yang dirancang dengan tujuan untuk meningkatkan desain dan fungsi produk rajut. Pelatihan ini dilakukan dengan mendatangkan pemateri ibu Rahmawati Yayu Ningsih, M.Ds, S.Ds, yang biasa dipanggil ibu Yayu, untuk mengajarkan bagaimana teknik rajut untuk membuat benda rajut yang memiliki volume, seperti misalnya boneka. Peserta pelatihan, yang seluruhnya merupakan ibu rumah tangga menyatakan senang karena mereka diajari teknik rajut yang baru bagi mereka.

Ibu Yayu sebagai pemateri merasa tidak terlalu kesulitan untuk memberikan arahan teknis dalam pelatihan, karena beberapa di antara peserta pelatihan telah familiar dengan teknik rajut. “Awalnya, ketika masih penyampaian teori rajut, mereka kelihatan kebingungan, dan ada beberapa diantaranya yang seperti udah nyerah karena merasa susah. Tapi pas bagian teknis, ternyata mereka lebih cepat menangkap dan begitu tertarik. ” begitu cerita ibu Yayu.

Pelatihan kedua adalah pelatihan memanfaatkan sosial media dan online shop untuk pemasaran produk. Untuk pemanfaatan sosial media, peserta diajarkan bagaimana tips memanfaatkan page dan komunitas jual-beli di facebook, dan menampilkan profil produk di Instagram, membuat template profile produk, bagaimana memperoleh banyak followers di Instagram, bagaimana hastag menjadi begitu penting agar posting suatu produk dapat mudah ditemukan oleh akun-akun lain. Pelatihan sesi kedua ini dilakukan oleh panitia PKM dari Telkom University, yaitu ibu Aniq Atiqi Rohmawati, ibu Annisa Aditsania, dan bapak Bambang Ary Wahyudi.

Profil Pembicara
Nama : Rahmawati Yayu Ningsih Lahir :Tasikmalaya, 12 Januari 1988
Status : Menikah
Alamat :Perumahan Bandung City View 2, Blok D.7, Pasir Impun, Mandalajati, Bandung, 40195
Email : uyayyayu@gmail.com Fokus Karir :Fashion Designing, Fashion Illustration, Textile Designing, Knitting & Crocheting
Pendidikan :
-Sarjana Desain – Institut Teknologi Bandung (2006 – 2010) – Magister Desain (Fashion), beasiswa unggulan Kemendikbud – Institut Teknologi Bandung (2013 – 2015)
Riwayat Karir :
-Fashion Designer Rabbani Indonesia (2010 – 2013)
-Asisten Dosen Mata Kuliah Tekstil Serat Alam & Wastra Indonesia (2013-2015)
-Fashion Analyst Shafira Corporation (Encyclo Brand) (2015-2016)
-Head Fashion Designer Rabbani Indonesia (2016-2018)
-Freelance Fashion Designer & Crafter (2018-sekarang)
Media Sosial : instagram.com/rahmawatiyayuningsih
Kontak : 08112007212