Seiring dengan berkurangnya lahan terbuka di desa Lengkong karena program pengembangan kawasan perumahan, maka program KRPL menjadi sulit untuk diimplementasikan. Sebagai salah satu desa di kabupaten Bandung, desa Lengkong ingin mewujudkan KRPL tersebut dengan mulai mengembangkan kawasan percontohan KRPL di salah satu kawasan yaitu di RT/RW 03/07. Diharapkan dengan kesuksesan kawasan KRPL tersebut, akan dapat dikembangkan di kawasan-kawasan lainnya di lingkungan desa Lengkong. Program KRPL ini akan menyasar kaum perempuan yang umumnya berprofesi sebagai ibu rumah tangga yang secara umum memiliki waktu yang lebih luang untuk dapat bergabung dalam program KRPL ini.

Peluang tersebut segera ditangkap oleh sivitas akademika Universitas Telkom melalui kegiatan Pengabdian Masyarakat. Tim Pengabdian Masyarakat fakultas Informatika yang Universitas Telkom yang dimotori oleh kelompok dosen yaitu Ibu Sri Suryani, bapak Yuliant Sibaroni dan ibu Dyas Puspandari dan dibantu oleh sejumlah mahasiswa segera beraksi dengan melakukan serangkaian kegiatan yang meliputi:

  • Sosialisasi program-program pemberdayaan wanita, Kawasan Rumah Pangan Lestari
  • Pelatihan dan Perencanaan pengelolaan kelompok wanita melalui media sosial
  • Pelatihan pengelolaan lahan terbuka dan hibah media tanam sayuran

Kegiatan ini berlangsung selama enam bulan, dari bulan Mei sampai dengan bulan November 2018. Kegiatan ini sangat didukung oleh ketua RT/RW 03/07 desa Lengkong Ibu Yeni Noberty dengan menyediakan lahan terbuka untuk kegiatan tersebut. Selain itu, kegiatan ini juga didukung sepenuhnya oleh anggota KRPL kreatif yang beranggotakan ibu-ibu rumah tangga di RT tersebut. Media sosial selain digunakan sebagai media tutorial bagi para anggota KRPL untuk mempermudah pembelajaran pengetahuan baru dan sarana komunikasi bagi sesama anggota KRPL, juga digunakan sebagai media pemasaran sayur yang dihasilkan dari kegiatan tersebut. Berikut beberapa dokumen kegiatan pengabdian masyarakat yang telah dilakukan meliputi kegiatan sosialisasi program dan pelatihan pengelolaan lahan dan Penanaman Sayur.

Dengan adanya wawasan baru tentang pemanfaatan lahan terbuka maupun pekarangan dan pengelolaan kelompok dengan sarana media sosial, serta hibah media tanam dari kegiatan pengabdian masyarakat tim Universitas Telkom, diharapkan dapat memunculkan kegiatan ekonomi kreatif dan dapat mengedukasi masyarakat sekitarnya. Selain itu dengan terwujudnya KRPL ini, dapat juga mendukung program pemerintah di bidang ketahanan pangan. Diharapkan setelah dilaksanakannya program ini, kedepannya RT/RW 03/07 menjadi kawasan percontohan KRPL di desa Lengkong dengan pemanfaatan lahan terbuka melalui pemberdayaan ibu-ibu rumah tangga.