Peluncuran Website Berbagi Tips Perawatan Anggrek Indonesia (BTPAI)

Peluncuran Website Berbagi Tips Perawatan Anggrek Indonesia (BTPAI)

Komunitas Berbagi Tips Perawatan Anggrek Indonesia (BTPAI) adakah perkumpulan yang mewadahi penghobi dan penggiat anggrek di seluruh Indonesia yang mewadahi lebih dari 51.000 anggota. Komunitas ini memiliki beberapa cabang di beberapa kota termasuk salah satunya adalah cabang Bandung. Melalui komunitas ini para anggota dapat berbagi saran, cara-cara perawatan anggrek dari satu anggota kepada anggota yang lainnya. Namun sangat disayangkan tips-tips tersebut tidak terdokumentasi dengan baik sehingga anggota lain terkadang menanyakan permasalahan yang sama. Untuk itulah, group BTPAI cabang Bandung merasa perlu mendokumentasikan tips-tips yang didiskusikan ke dalam sebuah website sehingga solusi yang sudah didiskusikan dapat diakses oleh member aktif dan juga bermanfaat masyarakat luas dalam merawat anggrek koleksi dan juga anggrek spesies endemik di Indonesia.

Pada kegiatan kali ini, tim membuat kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tiga output. Pertama tim membuat desain logo bagi komunitas BTPAI cabang Bandung. Kedua, tim meregister domain http://bandung.btpai.id dan melakukan deploy website dengan menggunakan content management systems wordpress. Ketiga, tim membuat video tutorial yang dapat dipergunakan sebagai panduan komunitas dalam mengadministrasi isi tips perawatan anggrek. Dari kegiatan ini diharapkan komunitas dapat mendokumentasikan dan berbagi tips kepada masyarakat pecinta anggrek.

Pada pembuatan logo, tim pengabdian kepada masyarakat melakukan desain dalam beberapa tahap. Dari beberapa tahap itu, didapatkan dua kandidat kuat yang mencantumkan dua spesies endemik Indonesia yakni Phalaenopsis bellina, dan Phalaenopsis cornu-cervi. Dari proses ini, oleh komunitas BTPAI cabang Bandung dipilih logo yang memuat spesies Phalaenopsis cournu-cervi.

Gambar 1. Logo Komunitas BTPAI Bandung

Dalam kegiatan pembangunan website, tim telah melakukan beberapa aktifitas antara lain: 1. Meregister domain http://btpai.id, dan membuat sub domain http://bandung.btpai.id. 2. Tim telah menstrukturkan kategori artikel yang sekiranya bersesuaian dengan kebutuhan komunitas BTPAI cabang Bandung. 3. Tim telah mendeploy website dalam bentuk content management systems wordpress pada subdomain http://bandung.btpai.id.

Gambar 2. Tampilan Website bandung.btpai.id

Pada hari Kamis tanggal 10 Desember 2020 jam 19.30-21.00 telah dilaksanakan pelatihan administrasi pengelolaan website kepada komunitas BTPAI cabang Bandung. Kegiatan ini dihadiri oleh 18 orang yang dalam proses pelatihan terlihat antusias dalam mengikuti pelatihan. Dari kegiatan ini didapatkan beberapa masukan sebagai berikut:

  1. Menambahkan tombol untuk share artikel ke sosial media
  2. Mengadakan bimbingan online secara rutin
  3. Kegiatan abdimas berkelanjutan

Gambar 3. Kegiatan Pelatihan Sedang Berlangsung

Gambar 4. Foto Bersama

Besar harapan tim dan komunitas BTPAI cabang Bandung agar kegiatan ini dapat berlanjut dengan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang lainnya yakni pendampingan manajemen pengelolaan isi website.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *