Pembekalan Analisis Data bagi Siswa Akuntansi SMKN 3 Bandung dalam Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Informatika Universitas Telkom
Seiring dengan program-program Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yang berfokus untuk melakukan akselerasi dalam meningkatkan kualitas SMK di Indonesia, terutama program pembelajaran problem base learning (PBL) dan implementasi kurikulum merdeka (IKM), fakultas Informatika Universitas Telkom melibatkan diri dalam menyediakan materi pembelajaran terkait analisis data bagi siswa Akuntansi SMKN 3 Bandung. Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat.
Penggunaan teknologi dan alat-alat analisis data telah menjadi semakin penting dalam praktik akuntansi modern. Kemampuan untuk menganalisis data secara efektif dan efisien dapat memberikan banyak manfaat bagi akuntan, seperti mengidentifikasi tren, membuat prediksi, dan mengambil keputusan yang lebih baik. Pembekalan analisis data bagi siswa akuntansi merupakan hal yang penting dan harus menjadi bagian dari kurikulum mereka. Dalam dunia bisnis yang semakin kompleks, keterampilan analisis data dapat memberikan keuntungan kompetitif bagi akuntan. Oleh karena itu, sangat penting bagi siswa akuntansi untuk mendapatkan pembekalan analisis data dan otomatisasinya yang memadai untuk menghadapi tantangan di masa depan.
Kegiatan pelatihan sendiri dilaksanakan pada 11 Mei 2023, bertempat di laboratorium komputer SMKN 3 Bandung. Tim pengabdian masyarakat ini beranggotakan Dr. Diyas Puspandari, S.S., M.Pd., Irma Palupi, S.Si., M.Si., Ph.D., dan Fitriyani, S.Si, M.T. dengan melibatkan dua orang mahasiswa, Fadhilah Nadia Putri dan Shinta Dewi. Kegiatan ini pada dasarnya mengenalkan siswa akuntansi tentang teknik analisis statistik dan visualisasi data, serta mengenalkan cara membuat automasinya menggunakan platform gratis, seperti google colaboratory berbasis bahasa python. Bahasa python dipilih untuk dikenalkan kepada peserta karena memiliki sintaksis yang relatif sederhana dan sudah mendunia, serta telah digunakan dengan peruntukan yang berbeda-beda di banyak sekali bidang, tidak hanya informatika. Hal itu tentu sangat menguntungkan dan menjadi nilai lebih bagi siswa akuntansi SMK di dunia kerja nantinya, jika lulusan memiliki keterampilan ini. Sesi pelatihan dibagi menjadi dua: sesi pertama mengenalkan sintaksis sederhana bahasa pemograman python, dan logika, sedangkan sesi berikutnya berupa pelatihan mengenai analisis data dengan statistik dan tools statistika yang dapat digunakan dengan mudah melalui platform google colaboratory dengan bahasa pemrograman python.
Tantangan bagi peserta dalam mengikuti pelatihan adalah mereka belum mengenal sama sekali bahasa pemrograman dan statistika, sehingga pada pelatihan inilah materi ini baru pertama kali mereka kenal. Namun karena sikap yang ditanamkan oleh pihak sekolah maka sebagai siswa akuntansi, peserta tidak membutuhkan waktu lama untuk dapat beradaptasi dengan pola, aturan, tujuan pembelajaran, dan modul materi yang disampaikan di pelatihan. Bahkan hasil evaluasi pembelajaran menunjukkan 20% peserta memahami materi pelatihan dengan capaian di atas 75% untuk penguasaan materi pemograman dan statistik. Hal tersebut menunjukkan materi pembekalan ini cukup mudah untuk diikuti oleh siswa SMK dan yang lebih penting adalah menarik minat peserta untuk dapat belajar lebih mendalam sesuai dengan kebutuhan keilmuan akuntansi. Pihak sekolah merasa senang dan mengharapkan kegiatan ini berlanjut, misalnya pelatihan untuk siswa jurusan lain atau pelatihan dengan materi lain lagi yang tentu bermafaat bagi siswa SMK.