Dalam menjalankan Tri Darma, setiap Perguruan Tinggi dituntut untuk dapat berdaya membantu masyarakat sekitar. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan pengabdian masyarakat. Dengan adanya pengabdian kepada masyarakat diharapkan memberikan dampak positif dalam hal penerapan teknologi, ilmu pengetahuian maupun peningkatan kinerja.

Berdasarkan semangat tersebut, Fakultas Informatika Universitas Telkom terus maju memberikan program pengabdian masyarakat ke berbagai daerah di Indonesia. Salah satunya adalah pengabdian masyarakat di salah satu desa di daerah kabupaten Majalengka yakni Desa Liangjulang, Kecamatan Kadipaten.

Desa Liangjulang adalah desa hasil dari pemecahan Desa Kadipaten, dengan jumlah penduduk 10087 orang. Tiga puluh persen penduduk di desa ini bekerja di sektor Pertanian, 30% bekerja di sektor swasta, 20% wiraswasta, dan sisanya menganggur. Melihat dari sebaran profesi penduduk Desa Liangjuang dan melalui wawancara dan survey yang dilakukan, diperoleh fakta bahwa kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) pamong Desa Liangjuang masih di bawah standar minimum terutama dalam hal pengetahuan dan kemampuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Selain meningkatkan kualitas pelayanan publik oleh SDM, diperlukan juga sarana penunjang IPTEK untuk meningkatkan kualitas layanan, kualitas fasilitas maupun ketersediaan fasilitas TIK pendukung kegiatan operasional harian.

Melihat kenyataan yang ada di lapangan, ketiga dosen Fakultas Informatika Universitas Telkom yang terdiri dari Dr. Maman Abdurohman. Sidik Prabowo, dan Aji Gautama mengembangkan sebuah dashboard untuk meningkatkan kinerja pamong desa dalam hal ini Kelurahan Liangjuang.

“Dashboard Potensi Desa dibuat untuk membantu kinerja operasional instansi Kelurahan dan memonitor perkembangan desa juga menunjukkan potensi apa saja yang dimiliki desa tersebut”, ujar Dr. Maman Abdurohman selaku Ketua Tim.

Selain dashboard, kegiatan pengabdian masyarakat ini juga akan menyertakan penyuluhan terkait pemanfaatan TIK dalam kegiatan operasional Instansi Pemerintahan.

“Setelah dashboard dibuat, kami dari Tim juga akan memberikan penyuluhan kepada SDM Pamong Desa terkait dashboard yang dibangun, disertai peningkatan terkait pemanfaatan TIK”, lanjut Dr. Maman.

“Mudah-mudahan dengan dilakukannya pengabdian masyarakat ini akan dapat membantu meningkatkan produktivitas kantor Kelurahan Desa Liangjuang Kecamatan Kadipaten Kabupaten Majalengka”, tutup Dr. Maman. (-LEN)