Dalam rangka memberikan manfaat kepada masyarakat melalui pelatihan dan penerapan ICT, Fakultas Informatika Telkom University kembali mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Kali ini yang menjadi masyarakat sasar adalah staf Yayasan Pendidikan Luqmanul Hakim. Yayasan Pendidikan Luqmanul Hakim sendiri merupakan yayasan yang bergerak di bidang pendidikan di kota Bandung dan memiliki beberapa institusi sekolah dari tingkat Kelompok Bermain hingga Menengah Pertama.

Saat ini Yayasan Pendidikan Luqmanul Hakim memerlukan sarana untuk mempublikasikan kegiatan-kegiatan yang ada di sekolah sehingga dapat menyebarluaskan informasi serta menarik minat masyarakat untuk menyekolahkan anak-anaknya di sekolah mereka. Berdasarkan hal tersebut, maka disepakati untuk diadakan kegiatan dengan judul “Pelatihan WordPress bagi Staf Yayasan Pendidikan Luqmanul Hakim”.

Pelatihan WordPress tersebut dilaksanakan pada Sabtu 11 Mei 2019 di Laboratorium Fakultas Informatika Universitas Telkom, dan diikuti oleh 20 staf Yayasan Pendidikan Luqmanul Hakim. Panitia penyelenggara kegiatan ini adalah tim dosen Fakultas Informatika yaitu: Febryanti Sthevanie, Kurniawan Nur Ramadhani, dan Said Al Faraby.

Ada sebelas poin yang menjadi capaian yang diharapkan akan dikuasai peserta setelah mengikuti pelatihan, antara lain memposting artikel, mengganti font, menambah widget, dan sebagainya. Berdasarkan post-test yang diberikan, 8 dari 11 poin berhasil dikuasai oleh 100%, dan secara rata-rata pencapaian peserta terhadap semua poin penilaian adalah 94%. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat keberhasilan pelatihan yang dilaksanakan cukup tinggi. Ketua panitia, Febryanti Sthevanie, mengharapkan agar penelitian ini bermanfaat, “Semoga kegiatan ini memberikan manfaat bagi Yayasan Pendidikan Luqmanul Hakim untuk mengembangkan kegiatan-kegiatan mereka ke depannya” katanya.