SD Cendekia Muda adalah sekolah inklusi yang menerima siswa berkebutuhan khusus, dengan berlandaskan Alquran dan sunnah Rosul. SD ini berlokasi di Jl. Arcamanik Endah No.35, Sukamiskin, Arcamanik, Kota Bandung, Jawa Barat 40293. Dengan beragamnya karakteristik siswa yang ditangani oleh guru-guru SD Cendekia Muda, dibutuhkan berbagai macam alternatif metode pembelajaran yang diharapkan mampu mengakomodasi beragam kebutuhan belajar siswa.

Pemanfaatan e-learning sebagai media pembelajaran pendukung merupakan salah satu alternatif terbaik yang dapat dipilih oleh sekolah untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi, sekaligus menumbuhkan awareness bagi guru dan siswa akan berkembang-pesatnya teknologi informasi berikut manfaatnya di dunia pendidikan. Dengan menggunakan e-learning siswa dapat melakukan proses pembelajaran secara mandiri dengan fleksibilitas dalam hal pemilihan waktu dan tempat untuk mengakses materi yang akan dipelajari. Di samping itu, guru juga mendapatkan manfaat berupa kemudahan dalam mengelola kelas dan tersedianya beragam aktivitas pembelajaran yang dapat dipilih sesuai dengan sasaran pembelajarannya.

Tim dosen Fakultas Informatika yang terdiri atas Danang Junaedi, Anisa Herdiani, Warih Maharani, dan Prati Hutari Gani, kemudian berharap dapat memperkaya metode pembelajaran di SD Cendekia Muda dengan menyelenggarakan pengabdian masyarakat dalam bentuk pelatihan penggunaan e-learning Google Classroom bagi Guru. Pengabdian masyarakat ini juga turut dibantu oleh asisten laboratorium Basisdata, Multimedia, Motion, Tel-C dan RPL-GDC di lingkungan Fakultas Informatika.

Pelatihan diselenggarakan di SD Cendekia Muda pada tanggal 21 Juni 2019 dan diikuti oleh 33 orang Guru SD Cendekia Muda yang mengajar siswa level 1 hingga level 6. Materi yang diberikan mencakup pengenalan Google Classroom berikut lingkungan kerjanya, pengelolaan kelas, pembuatan kuis online, pembuatan tugas, dan penggunaan fitur penilaian serta kalendar.

Evaluasi pelaksanaan workshop dilakukan dengan menyebarkan kuesioner feedback yang diisi oleh peserta workshop. Berdasarkan hasil feedback, 100% peserta memberikan penilaian positif, artinya program Abdimas yang dilaksanakan sudah sesuai dengan kebutuhan peserta, sesuai tujuan Abdimas yang telah ditetapkan, pelayanan dari tim Abdimas memuaskan serta menerima program Abdimas dari Universitas Telkom saat ini dan mengharapkan program Abdimas lain atau lanjutan di masa yang akan datang.