Pendampingan Pemahaman Dasar Pemrograman Kepada Siswa SMP Al Azhar Syifa Budi Parahyangan

Pendampingan Pemahaman Dasar Pemrograman Kepada Siswa SMP Al Azhar Syifa Budi Parahyangan

SMP Al Azhar Syifa Budi Parahyangan, yang bertempat di Jl. Raya Cimareme No. 340 Bandung Barat, memiliki prinsip memberikan pendidikan dan pengalaman belajar yang bermakna. Peserta didik mendapatkan bekal ilmu pengetahuan, keterampilan berpikir dan belajar dalam rangkaian kegiatan sekolah yang penuh energi, dinamis dan menyenangkan. SMP ini memiliki visi menjadikan sekolah yang memfasilitasi peserta didik untuk mendapatkan bekal ilmu pengetahuan, keterampilan hidup, dan pengembangan potensi fisik dan psikis. Salah satu misinya yaitu melatih peserta didik memiliki keterampilan berfikir, belajar, dan hidup.

Selaras dengan visi dan misi SMP Al Azhar Syifa Budi Parahyangan, problem solving atau kemampuan memecahkan masalah, merupakan kebutuhan vital dalam menghadapi tantangan di era modern ini. Kemampuan ini tidak hanya penting dalam konteks akademis, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari, di mana individu diharapkan mampu mengidentifikasi masalah, menganalisis situasi, dan menemukan solusi yang efektif. Oleh karena itu, penguasaan keterampilan problem solving menjadi fokus utama dalam pendidikan, terutama melalui pembelajaran pemrograman, yang secara alami mengembangkan kemampuan ini melalui latihan logika dan algoritma.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, tim abdimas Telkom University menyelenggarakan kegiatan Pendampingan Pemahaman Dasar Pemrograman Kepada Siswa SMP Al Azhar Syifa Budi Parahyangan. Kegiatan pendampingan ini menggunakan platform pembelajaran yang adaptif dan interaktif, yaitu platform TLX dari TOKI (Tim Olimpiade Komputer Indonesia), yang merupakan platform yang dirancang khusus untuk mengajarkan dan melatih keterampilan pemrograman. TLX menyediakan berbagai materi dan tantangan pemrograman yang dapat diakses secara online, memungkinkan siswa untuk belajar secara mandiri dan mengukur kemajuan mereka melalui latihan-latihan yang disesuaikan dengan tingkat kemampuan mereka.

Kegiatan pendampingan dilakukan selama 3 bulan, mulai dari bulan Oktober hingga Desember 2024, dan dilakukan dalam 7 sesi pertemuan di mana setiap sesi berlangsung sekitar 1 jam. Materi pelatihan yang diberikan mencakup: keluaran dan ekspresi sederhana, tipe data dan implementasinya, konsep Boolean, pengantar percabangan, perulangan (for-loop), sosialisasi Moodle, serta latihan soal utnuk semua topik.

Melalui kegiatan pendampingan ini, metode TLX yang diterapkan tidak hanya berhasil memperkuat pemahaman konsep pemrograman para siswa, tetapi juga meningkatkan keterampilan siswa dalam menghadapi tantangan pemrograman nyata. Setelah dilaksanakannya pelatihan ini, berdasarkan survey yang kami buat, 77,7% peserta merasa sangat puas dengan materi yang disampaikan dan 100% peserta setuju bahwa kegiatan abdimas ini bisa dilanjutkan di masa yang akan datang. Mereka sangat setuju bahwa materi yang disampaikan sudah memenuhi kebutuhan mereka. Namun, untuk ke depannya, mereka berharap durasi pendampingan ditambah dan materi yang disampaikan dapat diperkaya kembali sesuai kebutuhan mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *