Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Untuk Mendukung Metode Pengajaran Bagi Anak-anak Tahsin Masjid Permata Iman

Masjid Permata Iman (MPI) adalah salah satu masjid yang berada di RT 03 RW 07 yang merupakan salah satu masjid yang berada di lingkungan kampus Telkom University. Salah satu bidang kegiatan di bawah naungan DKM MPI adalah bidang Pendidikan dan Tahsin Anak-anak. Tujuan dari kegiatan ini adalah mengembangkan karakter dan jiwa anak-anak melalui pembelajaran Al Qur’an.

Pembelajaran yang dilakukan pada pengajaran anak-anak Tahsin menggunakan metode Ummi dengan model konvensional. Pembelajaran yang dilakukan belum didukung dengan pemanfaatan media teknologi informasi. Selama ini guru tahsin memberikan pembelajaran Al Qur’an dengan metode privat per anak dari keseluruhan anak dalam waktu 2 jam. Selama guru sedang memberikan pengajaran untuk satu anak, anak-anak lainnya menunggu tanpa melakukan kegiatan apa-apa, hanya bermain-main. Hal tersebut menyebabkan kebosanan terhadap anak-anak yang lain.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, pemanfaatan media teknologi informasi sangat diperlukan untuk mendukung pembelajaran Al Qur’an dan pembentukan karakter anak-anak Tahsin Permata Firdaus. Oleh karena itu tim pengabdian masyarakat Universitas Telkom yang diketuai oleh Yuliant Sibaroni dengan anggotanya Sri Suryani, yang merupakan dosen Fakultas Informatika, menawarkan program untuk memberikan dukungan media teknologi informasi. Diharapkan anak-anak tahsin dapat memperoleh wawasan implementasi agama Islam dalam kehidupan sehari-hari selain pembelajaran Al Qur’an dengan metode Ummi.

Hasil kegiatan pengabdian masyarakat tim dari Telkom University ini, pengembangan metode pembelajaran anak-anak Tahsin Permata Iman dengan media interaktif, Dengan adanya pengembangan kurikulum yang digunakan, diharapkan pembelajaran yang selama ini diterapkan dapat dipadukan dengan pembelajaran media interaktif. Pada pengabdian masyarakat ini sudah dihibahkan juga kumpulan materi pembelajaran berbasis video dan jpg dan teknologi pendukung media pembelajaran interaktif.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat dari Universitas Telkom, secara tidak langsung sangat mendukung pencapaian visi-misi DKM Masjid Permata Iman dalam memperluas wawasan ilmu agama Islam dan implementasi Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari melalui pengajaran anak –anak Tahsin. Keseluruhan responden menyatakan setuju dan sangat antusias dengan program pengajaran Tahsin menggunakan media pembelajaran interaktif.

Tinggalkan Balasan