Rencana Pengabdian Masyarakat KK Communication and Information Technology Insfrastucture (CITI)
Isu Strategis | Tema | Topik | Target | Mitra Potensial | Periode Waktu Pelaksanaan |
---|---|---|---|---|---|
Teknologi untuk peningkatan konten TIK | Pendampingan pembuatan aplikasi | Sistem informasi dan Keamanan Lembaga masyarakat | Pembuatan aplikasi Donatur pada Lembaga Zakat dan Wakaf, serta Lembaga Kesenian dan budaya | Lembaga Zakat dan` Wakaf, serta Lembaga Kesenian dan budaya Lembaga Masyarakat secara umum | 2025-2029 |
Pendampingan pembuatan sistem informasi dan keamanan untuk lembaga zakat dan lembaga seni dan budaya Pendampingan pembuatan sistem informasi dan keamanan untuk lembaga masyarakat secara umum | |||||
Membangun Budaya Aman Digital melalui Edukasi Forensik di Lingkungan Pendidikan dan Komunitas | Edukasi Dasar Keamanan Siber untuk Pelajar SMK dan Sederajat | 1) Menumbuhkan kesadaran pelajar SMK akan pentingnya keamanan digital dan risiko kejahatan siber. 2) Memberikan pemahaman dasar tentang digital forensics untuk mendeteksi ancaman sederhana. 3) Mendorong siswa untuk menjadi duta keamanan digital di sekolah masingmasing | SMK dan sederajat dengan jurusan IT atau non-IT. | ||
Pelatihan Digital Forensics untuk Guru dan Pengelola Data Sekolah | Melatih guru dan staf IT untuk mengelola keamanan data siswa dan sekolah. Membuat pedoman sederhana untuk memitigasi ancaman siber di lingkungan sekolah. | Guru dan staf IT SMK dan sekolah menengah. Kepala sekolah dan pengelola data institusi pendidikan. | |||
Penerapan Forensik Digital di Lingkungan Sekolah dan Komunitas Lokal | Mengembangkan platform sederhana untuk melaporkan dan menangani insiden keamanan digital. Meningkatkan keterlibatan orang tua dan komunitas lokal dalam menjaga keamanan digital. | Komunitas sekolah (siswa, guru, orang tua). Masyarakat sekitar sekolah (RT/RW, kelurahan).Pemerintah desa/kelurahan. Dinas Komunikasi dan Informatika. | |||
Integrasi Forensik Digital dalam Ekosistem Smart Community | Menyusun kebijakan kolaboratif antara komunitas sekolah, pemerintah, dan sektor swasta | Sekolah di lingkungan berbasis teknologi tinggi. Aparat keamanan lokal. | |||
Penggunaan Teknologi Canggih untuk Keamanan Digital Berkelanjutan | Membentuk jaringan kolaborasi antara komunitas pendidikan, pemerintah, dan perusahaan teknologi. | Sekolah menengah di daerah perkotaan dan pedesaan. Pemerintah daerah dan pusat. | |||
Transformasi Digital | Transformasi Digital di Lembaga Pendidikan | Mengimplementasikan transformasi digital pada bidang akademik dan kemahasiswaan | Sekolah menengah atas dan/atau sekolah menengah kejuruan | ||
Security Aspect pada Transformasi Digital | Membangun security awareness and privacy awareness pada bidang akademik | ||||
Pemanfaatan Teknologi IoT pada Hidroponik untuk mendukung Agropreneur | Agropreneur Berbasis Hidroponik untuk Kemandirian Pangan (2025-2028) | Agropreneur Berbasis Hidroponik untuk Kemandirian Pangan | Institusi pendidikan dan/atau UMKM | ||
Internet of Things | IoT dan Security | Pelatihan/Workshop Security atau Teknologi tepat Guna IoT | Institusi pendidikan dan/atau UMKM | ||
Pemberdayaan TIK di desa | Pengembangan Sistem Informasi Desa, Sistem Distribusi Akses Internet Warga, Sistem Pemantauan Perkebunan serta Pemanfaatan TIK untuk mendukung keamanan dan kewaspadaan wilayah | Mengimplementasikan Sistem Informasi Desa, Sistem Distribusi Akses Internet Warga, Sistem Pemantauan Perkebunan serta memanfaatkan TIK untuk mendukung keamanan dan kewaspadaan wilayah | Pemerintah Desa | ||
Security, network, infrastructure IT. | Optimalisasi LMS dan pengembangan pembelajaran berbasis AI | Mengoptimalisasi penggunaan LMS dan pembelajaran AI untuk pembelajaran | Sekolah menengah atas dan/atau sekolah menengah kejuruan | ||
Sistem Manajemen Tracking Aset menggunakan QR Code | Pengembangan Sistem Manajemen Tracking Aset menggunakan QR Code | Mengimplementasikan Sistem Manajemen Tracking Aset menggunakan QR Code dan pengembangan infrastruktur pendukungnya | Lembaga Organisasi, Instansi, dan Sekolah Kejuruan | ||
Transfer Teknologi dan Penyuluhan Infrastruktur Jaringan | Transfer Teknologi dan Penyuluhan Infrastruktur Jaringan untuk sekolah dan masyarakat | Penyuluhan penggunaan perangkat-perangkat jaringan dan infrastruktur di bidang computer networking | Institusi pendidikan dan/atau masyarakat desa | ||
Pengawasan ujian otomatis di institusi pendidikan | Pengembangan sistem pengawasan ujian otomatis berbasis AI | Mengimplementasikan automatic proctoring untuk dosen dan mahasiswa | Instansi pendidikan | ||
Pengembangan sistem CRM pada lembaga masyarakat | Pengembangan CRM | Mengimplementasikan pengembangan CRM bagian campaign dan payroll, bagian reporting finance dan integrasi payment gate way, monitoring suhu (Scada) pada mesin autoclave, montoring pressure (scada) pada mesin autoclave, dan montoring cycle time pada mesin autoclave | Lembaga masyarakat dan/atau UMKM | ||
Pengembangan sistem monitoring pada mesin autoclave | Mengembangankan sistem monitoring pada mesin autoclave untuk suhu, pressure, dan cycle time | Unit bisnis swasta | |||
Abdimas ke Institusi Pendidikan | Dashboard Siswa SMA | Pengembangan Dashboard Siswa SMA | Sekolah menengah atas dan/atau sekolah menengah kejuruan | ||
Komunikasi berbasis Internet pada Bimbingan Haji dan Umrah | Teknologi Internet, User Satisfication, Security, dan Advanced Features (User Localization) | Mengimplementasikan internet untuk menggantikan komunikasi berbasis radio, peningkatan technology features, Secure Communication, dan tracking posisi user pada kegiatan haji dan umrah | Instansi pendidikan dan/atau unit bisnis swasta | ||