Pengembangan chatbot dan SEO untuk meningkatkan pemasaran dan layanan bisnis Lumina Indonesia
Lumina Indonesia merupakan UMKM yang bergerak di bidang jasa konsultasi bisnis dan Kesehatan mental berbasis metode SEFT yang telah berdiri sejak tahun 2013. Kantor Lumina Indonesia berlokasi di GBA 2 Blok A3 no 14, Desa Cipagalo, Kecamatan Bojongsoang. Pada tahun 2013, Lumina Indonesia berdiri dengan dua pegawai dan saat ini sudah memilik tujuh pegawai. CEO dari Lumina Indonesia yaitu Ibu Istiqomah, adalah lulusan S2 di bidang industri dan juga seorang ibu dari tiga anak, merupakan trainer tersertifikasi BNSP yang memilik concern yang tinggi dalam meningkatkan kemajuan UMKM dan juga mental health masyarakat Indonesia.
Dalam sembilan tahun pertama berjalannya UMKM ini, cara promosi yang dilakukan oleh Lumina Indonesia hanya menggunakan teknik pemasaran mulut ke mulut dan baru di tahun 2023 melakukan tambahan metode pemasaran melalui sosial media instagram dan website. Akan tetapi, penggunaan website ini masih dirasa belum optimal. Dalam rangka meningkatkan keefektifitasan website, Lumina Indonesia melakukan survey singkat kepada pelanggan Lumina, dan diketahui calon pelanggan membutuhkan waktu untuk bisa menangkap jasa apa saja yang ditawarkan, karena harus menelusuri setiap menu pada website. Pada akhirnya, solusi yang ditempuh pelanggan agar bisa mendapatkan informasi terkait jasa yang diinginkan tanpa harus mengulik lebih jauh website, adalah dengan mengirimkan pesan kepada admin melalui WhatsApp. Dari sini muncul kendala baru, yaitu admin merasa kewalahan dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan calon pelanggan ataupun pelanggan, dan tidak jarang pertanyaan yang diajukan adalah pertanyaan yang berulang dan sebenarnya sudah tersedia di website. Dari sini terlihat bahwa website tersebut belum bisa menjawab kebutuhan informasi calon pelanggan ataupun pelanggan Lumina Indonesia.
Oleh karenanya, sebagai salah satu bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat, tim abdimas dari Fakultas Informatika yang terdiri dari tiga orang dosen, yaitu: Mahmud Dwi Sulistiyo , Febryanti Sthevanie, dan Gia Septiana Wulandari, mengadakan kegiatan pembuatan chatbot untuk Lumina Indonesia yang dapat membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan standar para (calon) pelanggan sehingga admin tidak perlu menjawab langsung beberapa pertanyaan yang sering berulang, terutama yang sudah jelas tersedia informasinya di website. Dengan adanya chatbot ini, diharapkan admin Lumina Indonesia merasa lebih mudah dalam menjawab pertanyaan pelanggan sehingga respon yang didapatkan pelanggan pun bisa didapatkan dengan lebih cepat.
Selain itu, karena belum adanya fitur yang dapat melihat performa website, diterapkanlah teknologi analisis website berbasis Google Analytic pada website Lumina Indonesia. Kemudian, untuk memperluas jangkauan informasi terkait Lumina Indonesia, teknologi Search Engine Optimization (SEO) pun diterapkan pada website yang telah ada. Dengan ditambahkannya kedua teknologi ini, diharapkan pihak Lumina Indonesia dapat memanfaatkannya untuk menganalisis performa website dan lebih jauh lagi dapat meningkatkannya.
Kemudian untuk memastikan Lumina Indonesia mengerti terkait perkembangan yang telah dibuat pada kegiatan abdimas ini, dibuat sosialisasi kepada pihak Lumina Indonesia pada hari Jumat, 28 Juni 2024, bertempat di kantor Lumina Indonesia.
Kegiatan ini mendapatkan respon yang positif dari pihak Lumina Indonesia, yang menyatakan bahwa chatbot yang telah dibuat dapat membantu admin dalam merespon pelanggan, dan dapat memungkinkan pelanggan mendapatkan respon lebih cepat. Selain itu, dengan adanya fitur SEO dan Google Analytic, sekarang pihak Lumina Indonesia dapat menganalisis performa website yang ada, serta berupaya untuk meningkatkan performa tersebut dengan harapan Lumina Indonesia dapat semakin bergaung Namanya.