Pengembangan Awal Desain Sistem CRM di Sinergy Foundation
Sinergy Foundation (SF) merupakan salah satu lembaga yang menyediakan layanan Zakat, Wakaf, Infaq, Qurban dan kegiatan kemanusiaan lainnya. Perkembangan SF meningkat seiring dengan meningkat kebutuhan manusia dan layanan yang diberikan. Langka pertama yang dilakukan SF dalam menyikapi hal ini adalah dengan melakukan perencanaan jangka panjang, yaitu dengan membuat roadmap transformasi IT untuk semua proses bisnis pada layanan dan manajemen yang terdapat di dalam SF. Salah satu taks yang harus dilakukan SF sesuai dengan roadmap IT yang telah disusun adalah dengan membuat aplikasi website Customer Relationship Management (CRM). Keterbatasan sumber daya IT yang dimiliki oleh SF membuat tahapan Software Development Life Cycle (SDLC) pada aplikasi CRM ini tidak dilakukan secara maksimal. Oleh karena itu melalui kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dari Fakultas Informatika, Universitas Telkom ini akan memberikan pelatihan dan pendampingan SDLC dalam pembuatan aplikasi CRM yang saat ini sedang dibuat. Setelah melakukan perhitungan terhadap sumber daya dan waktu yang akan digunakan, roadmap IT yang sudah dibuat pada kegiatan periode sebelumnya, dan juga hasil diskusi dengan SF (sebagai mitra), maka pada kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat periode pertama di tahun 2024 ini, yang dilakukan meliputi tahapan requirement dan desain awal dari aplikasi CRM. Diharapkan melalui kegiatan ini aplikasi CRM dari SF dapat dibuat secara matang dan dapat terus dikembangkan terus menerus seiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat dan layanan yang diberikan SF.