Pelatihan Pengenalan Berpikir Komputasional Untuk Guru PAUD Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Tahun 2024 periode 1
Berpikir komputasional merupakan sebuah konsep atau metode yang memposisikan diri untuk berpikir menyerupai sebuah mesin yang bergerak secara dinamis dalam mengamati masalah, dan mencari solusi dengan menggunakan teknologi komputer. Konsep yang digunakan meliputi logika, abstraksi, dekomposisi, Algoritma, dan pengenalan pola. Konsep ini sangat penting untuk diberikan pada semua aspek mata pelajaran yang ada di sekolah.
Berdasarkan keputusan kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) No. 008/H/KR/2022 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), jenjang Pendidikan Dasar dan jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka, bahwa berpikir komputasional merupakan kemampuan problem solving yaitu keterampilan generik yang penting sejalan dengan perkembangan teknologi digital yang pesat. Saat ini pemanfaatan teknologi sudah menjangkau anak-anak dalam menyelesaikan tugas-tugas dan kegiatan dalam kehidupan sehari-hari, baik yang berkaitan dengan kegiatan akademik, maupun non-akademik. Sehingga, pengembangan kemampuan berpikir komputasional diperlukan bagi anak usia dini sebagai bekal dalam menghadapi perkembangan teknologi. Kurangnya wawasan mengenai konsep berpikir komputasional merupakan tantangan yang cukup besar bagi mayoritas guru anak usia dini, mulai dari pemahaman konsep sampai dengan bagaimana cara mengimplementasikan dalam kegiatan belajar untuk anak usia dini. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini bertujuan memberikan wawasan terkait pola berpikir komputasi kepada guru-guru PAUD yang saat ini sedang kuliah di Program Studi Pendidikan Guru PAUD Universitas Islam Nusantara (UNINUS). Kegiatan yang akan dilakukan dalam pengabdian kepada masyarakat ini meliputi:
- Penjelasan terkait konsep Berpikir Komputasi
- Melakukan Latihan soal-soal tantangan bebras pada modul
- Simulasi konsep berpikir komputasi melalui kegiatan Unplugged Coding
- Penjelasan tentang alat-alat dan bagaimana implementasi konsep Berpikir Komputasi dalam pembelajaran anak usia dini.
Pelatihan ini dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal 14 Mei 2024 bertempat di Telkom University Landmark Tower (TULT) ruangan 1507. Dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini tim PkM Universitas Telkom berkolaborasi dengan Program Studi (Prodi) PG PAUD UNINUS, salah satu dosennya menjadi narasumber materi dalam sesi keempat, yaitu penjelasan bagaimana cara penerapan metode Berpikir Komputasional dalam kegiatan belajar mengajar untuk anak usia dini.
Semua peserta pelatihan merasakan bahwa materi pelatihan ini menambah wawasan guru PAUD untuk meningkatkan kualitas pembelajarannya. Hal ini terlihat dari hasil penilaian peserta terhadap pelaksanaan pelatihan, yaitu 100% peserta menyatakan puas dan sangat puas.