Pelatihan Digital Marketing pada Siswa Magang di Firli Group

Pelatihan Digital Marketing pada Siswa Magang di Firli Group

Digital marketing pun menjadi kebutuhan sebagai bagian dari proses adaptasi pemasaran di era digital yang sangat mengandalkan media sosial. Media sosial sebagai media pemasaran memiliki keunggulan berupa kemampuan menjangkau masyarakat digital (netizen) secara masif dan praktis. Kemampuan algoritma media sosial saat ini mampu menyediakan keterhubungan antara penyedia konten dengan pengguna yang memiliki ketertarikan minat tertentu. Firli Group memiliki keterbatasan sumber daya manusia di bidang pemasaran karena banyak siswa/i magang dari jenjang SMA/SMK/MA. Para siswa perlu memiliki kompetensi yang memadai dalam memanfaatkan media sosial untuk pemasaran. Sebagai usulan solusi, dosen-dosen Fakultas Informatika berinisiatif memberikan pelatihan digital marketing kepada siswa-siswi yang tengah mengikuti kegiatan magang di Firli Group. Secara kontinu, Firli Group juga menyediakan kesempatan magang bagi siswa-siswi SMK sesuai dengan relevansi bidang kejuruannya, termasuk dalam domain pemasaran digital. Akan tetapi, Firli Group mengalami kendala dalam penyediaan kompetensi karena keterbatasan sumber daya dan waktu. Di sisi lain, para siswa SMK tersebut masih memiliki keterbatasan kompetensi karena pengalaman yang masih minim. Sebaliknya, para siswa lebih banyak sebagai konsumen konten-konten media sosial dalam kesehariannya. Oleh karena itu, para siswa SMK yang magang di Firli Group memerlukan penyuluhan dan/atau pelatihan terkait pemanfaatan media sosial dalam pemasaran digital. Literasi digital mereka yang relatif memadai patut menjadi modal untuk memperoleh materi praktis yang menjadi stimulus dalam lebih mendalami bidang pemasaran digital.

Pelatihan ini secara spesifik membidik materi pemanfaatan media sosial sebagai media dalam digital marketing. Dengan mengundang Universitas Telkom, Firli Group dapat memanfaatkan keahlian dan pengalaman yang dimiliki oleh para dosen yang juga sebagai praktisi dalam pemanfaatan media sosial. Kesesuaian kegiatan pengabdian masyarakat kepada Firli Group dengan peta jalan pengabdian masyarakat Fakultas Informatika terletak pada dua topik: pengembangan dan pelatihan sains data untuk komunitas kewirausahaan dan pengembangan dan pelatihan organization information quality attributes. Kegiatan pengabdian masyarakat ini telah diselenggarakan pada bulan Agustus 2024 dengan lokasi di kampus Universitas Telkom, Dayeuhkolot. Pada hari pertama, 20 Agustus 2024, ibu Arie Ardiyanti menyampaikan materi digital marketing menggunakan Facebook. Sementara itu, ibu Prati Hutari Gani membawakan materi perkembangan Tiktok sebagai digital marketing di hari kedua. Pada hari ketiga (22 Agustus 2024), bapak Arfive Gandhi dan bapak Donni Richasdy masing-masing mengulas pemanfaatan video YouTube dan konten kreatif untuk pengembangan bisnis. Total 20 peserta hadir mengikuti pelatihan selama tiga hari ini dengan rincian 10 siswa SMK LPPM-RI (kelas XII) dan 10 siswa SMKN 1 Majalaya (kelas XII).

Di akhir acara, para peserta memberikan umpan balik secara kuantitatif yang merefleksikan tingkat kepuasan. Nilai kepuasan yang dicapai dalam kegiatna ini mencapai 78%. Hal ini mengindikasikan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat telah berhasil mencapai keberhasilan dari sudut pandang peserta. Bahkan, para peserta memberikan masukan untuk secara rutin menyelenggarakan kegiatna serupa dengan konten-konten pembelajaran lainnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *