Implementasi Fungsi Transaksi Donatur pada Aplikasi CRM di Sinergi Foundation

Implementasi Fungsi Transaksi Donatur pada Aplikasi CRM di Sinergi Foundation

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Fakultas Informatika, Universitas Telkom

Mitra : Sinergi Foundation

Jl. HOS Tjokroaminoto (Pasirkaliki) No. 143 Bandung 40173

Periode: September – Desember 2024

Tim Pelaksana:

(1) Prof. Ari M. Barmawi; (2) Prasti Eko Y.; (3) Abdullah Hanifan; (4) Nuril Kaunaini R.;

(5) Aulia Rahman; (6) Yudistira A.

 

 

Sinegi Foundation (SF) merupakan suatu lembaga yang menyediakan berbagai macam layanan seperti Zakat, Wakaf, Infaq, Qurban dan kegiatan donasi kemanusiaan lainnya. Banyaknya service atau layanan yang ditawarkan kepada masyarakat, membuat pelaksanaan proses bisnis saat ini yang masih dilakukan manual, membuat lembaga memerlukan waktu yang lama dalam pengelolaan data transaksi. Oleh karena itu SF melakukan transformasi IT untuk semua layanan yang diberikan. Aplikasi Customer Relationship Management (CRM) merupakan dashboard utama yang akan digunakan. Saat ini pengembangan aplikasi telah memasuki tahap desain awal terkait perancangan database, activity dan context diagram. Tahap tersebut merupakan hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat skema pendampingan/pelatihan pada periode 2024-1. Pada periode ini, tim dari Universitas Telkom fokus melanjutkan ke tahapan selanjutnya, yaitu implementasi. Besarnya fungsi dan modul pada aplikasi yang dikembangkan membuat tim memprioritaskan pada fungsi utama yang masuk ke dalam roadmap pengembangan aplikasi CRM pada tahun 2024 ini. Fungsi yang dipilih adalah fungsi transaksi donatur, yang merupakan salah satu core dari proses bisnis yang terdapat di dalam SF. Melalui skema pendampingan/pelatihan yang dilakukan pada periode 2024-2 ini, diharapkan aplikasi dapat digunakan untuk menunjang production pada bisnis-bisnis utama dari SF.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *