PENGABDIAN PADA MASYARAKAT (PPM) “PELATIHAN DATA SCIENCE UNTUK SISWA SMK ASSHIDDIQIYAH GARUT” SMK ASSHIDDIQIYAH, KARANGPAWITAN, KAB. GARUT, JAWA BARAT JUNI-DESEMBER 2020
Saat ini seluruh negara di dunia ini sedang berjuang menghadapi COVID-19, sehingga seluruh aktivitas belajar mengajar di sekolah maupun perguruan tinggi dilakukan di rumah dengan basis School From Home (SFH). Hal ini menyebabkan adanya keterbatasan kegiatan materi praktikum di sekolah.
Salah satunya, SMK Asshiddiqiyah Karangpawitan yang berlokasi di Jalan Pamekaran No. 689, Paledang, Suci Kaler, Kec. Karangpawitan, Kab. Garut. Sekolah ini memiliki tiga bidang penjurusan/keahlian yaitu teknik komputer dan jaringan, otomatisasi dan tata kelola perkantoran, juga bisnis daring dan pemasaran. Semua keahlian yang ditawarkan berhubungan dengan teknologi informasi dasar yang umum dibutuhkan oleh berbagai industri. Sayangnya, dengan adanya pandemi COVID-19, semua kegiatan praktikum diberhentikan untuk sementara waktu.
Sementara itu, pada era keterbukaan informasi seperti sekarang, berbagai data akan dikelola oleh industri untuk membentuk informasi yang bermakna bagi konsumen/pengguna jasa. Hal ini yang menyebabkan keahlian Data Science perlu dikenalkan pada SMK Asshiddiqiyah sebagai bekal ketrampilan yang dapat dijadikan portofolia ketika terjun ke dunia kerja. Berdasarkan analisis situasi pada SMK Asshiddiqiyah Karangpawitan, Gaurt, maka terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi siswa siswa di sana, di antaranya : kebutuhan akan dasar Data Science untuk mendampingi berbagai keahlian yang telah ditawarkan pada kurikulum di sekolah, tidak adanya mata pelajaran khusus mengenai pengelolaan maupun analisis data dan bagaimana hubungan atau keterkaitan antara Data Science dengan keahlian atau ketrampilan yang telah disediakan di kurikulum SMK Asshiddiqiyah Karangpawitan, Garut.
Dalam rangka memecahkan permasalahan mitra dalam hal ini SMK Asshiddiqiyah Karangpawitan, Garut, maka kami yang juga dosen di Fakultas Informatika Telkom University, menawarkan pelatihan Data Science tingkat dasar dengan menggunakan paltform python dengan bahasan yang lugas dan mudah dipahami juga disesuaikan dengan mata pelajaran yang telah mereka peroleh di sekolah. Pelatihan ini diharapkan memberikan manfaat dalam meningkatkan pengetahuan mengenai pengeloaan dan analisa data sehingga bisa dihasilkan informasi.
Untuk menyelesaikan permasalahan yang timbul pada mitra di saat pandemi COVID-19, maka kami tetap melakukan pertemuan tatap muka secara offline sebanyak 3 kali, yang sebelumnya direncanakan untuk 5 kali pertemuan. Selain itu, kami sekaligus mengkampanyekan dan menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 yang sangat ketat dengan menerapkan 3M, yaitu (1) Mencuci tangan dengan handsanitizer/sabun, (2) Menjaga jarak dengan hanya mengikutkan 10 orang per pertemuan dan saling jaga jarak sejauh 2 m antar siswa, dan juga (3) Memakai masker. Materi Data Science perlu diperkenalkan, didiskusikan, dan diimplementasikan minimal materi dasarnya yang sesuai dengan mata pelajaran yang ada di SMK Asshiddiqiyah Karangpawitan, Garut. Ada pun kegiatan ini ditujukan kepada guru pendamping dan para siswa di SMK Asshiddiqiyah Karangpawitan, Garut yang nantinya akan mengajarkan ketrampilan pengelolaan data pada mata pelajaran terkait.
Modul materi yang disampaikan meliputi pengenalan akan klasifikasi, regresi dan klustering menggunakan bahasa pemrograman python. Materi ini bersifat dasar dengan tujuan supaya mudah dipahami oleh para siswa SMK Asshiddiqiyah Karangpawitan, Garut. Materi ini akan dibagi menjadi 3 kali pertemuan di mana setiap pertemuan diikuti oleh 10 siswa dan guru pendamping. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan peserta didik mengetahui atau lebih familiar dengan Data Science, bahasa pemrograman python, dan bisa menerapkan pada materi sekolah ataupun bisa memanfaatkannya ketika terjun langsung di dunia kerja.
Kegiatan PPM oleh dosen Telkom University ini diselenggarakan pada tanggal 12-14 November 2020. Pemberian materi pelatihan ini dimotori oleh Risnandar, PhD dan juga Dr. Eng. Ir. Wikky Fawwaz Al Maki, S.T., M.Eng. dari Program Studi S1 Teknik Informatika, Fakultas Informatika, Telkom University, Bandung. Juga diprakarsai oleh Kepala Sekolah, Faroj Gifari, ST dan juga para guru praktikum Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) di SMK Asshiddiqiyah Karangpawitan, Garut.
Kegiatan pelatihan ini sangat disambut antusias oleh para siswa pilihan yang mengikuti pelatihan, sehingga kami perlu melakukan evaluasi pelaksanaan kegiatan PPM ini dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada para siswa dan guru pendamping. Kuesioner berisi feedback mengenai kegiatan dan manfaat yang dirasakan oleh peserta kegiatan. Hasil pengolahan kuesioner akan menjadi evaluasi terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan. Feedback dalam bentuk kuesioner akan menentukan skor Indeks Kepuasan (IK) dengan ketentuan sebagai berikut:
- Jumlah nilai unsur pelayanan merupakan nilai setiap unsur kuesioner (5 pertanyaan) sesuai dengan jumlah responden yang mengisi.
- Nilai Rata–rata (NRR) per unsur merupakan nilai rata–rata Indeks Kepuasan (IK) per unsur kuesioner dengan menjumlahkan nilai setiap unsur pertanyaan dibagi dengan jumlah responden yang mengisi.
- Nilai Rata-rata Tertimbang (NRRT) per unsur pertanyaan merupakan jumlah NRR dikalikan nilai Bobot Rata–rata Tertimbang (BRRT). Di mana BRRT merupakan 1 dibagi 5 kriteria yaitu 0.02. Di mana 5= Sangat Tidak Setuju, Tidak Setuju, Setuju, dan Sangat Tidak Setuju.
- Bobot Per Kuesioner merupakan 100 dibagi 5 kriteria, yaitu 20.
- Indeks Kepuasan (IK) adalah perkalian jumlah NRRT dengan Bobot Per Kuesioner.
- Grade Indeks Kepuasan (Grade IK) adalah sebagai berikut:
Nilai Indek Kepuasan | Grade Indeks Kepuasan | Keterangan |
>= 7.00 | A | SANGAT BAIK |
>= 5.5 | B | BAIK |
>= 4.5 | C | CUKUP |
>= 2.5 | D | BURUK |
Tabel 1 Nilai Indeks Kepuasan (IK) Siswa SMK Asshiddiqiyah Karangpawitan, Garut
No. Urut Reponden | Nilai Bobot Setiap Pertanyaan [Sangat Tidak Setuju=1, Tidak Setuju=2, Setuju=3, Sangat Setuju=4] | ||||
Q1 | Q2 | Q3 | Q4 | Q5 | |
1 | 3 | 3 | 3 | 4 | 4 |
2 | 3 | 3 | 3 | 4 | 4 |
3 | 3 | 3 | 3 | 4 | 4 |
4 | 3 | 3 | 3 | 4 | 4 |
5 | 4 | 3 | 3 | 4 | 4 |
6 | 3 | 3 | 4 | 4 | 3 |
7 | 4 | 3 | 3 | 4 | 3 |
8 | 3 | 3 | 4 | 4 | 4 |
9 | 4 | 3 | 3 | 4 | 4 |
10 | 4 | 3 | 4 | 4 | 4 |
11 | 4 | 3 | 3 | 4 | 4 |
12 | 3 | 3 | 3 | 4 | 4 |
13 | 3 | 3 | 3 | 4 | 4 |
14 | 3 | 3 | 3 | 4 | 4 |
15 | 3 | 3 | 3 | 3 | 4 |
16 | 3 | 3 | 3 | 4 | 4 |
17 | 4 | 3 | 3 | 4 | 4 |
18 | 4 | 3 | 3 | 4 | 4 |
19 | 4 | 3 | 4 | 4 | 4 |
20 | 4 | 3 | 3 | 4 | 4 |
21 | 4 | 3 | 3 | 4 | 4 |
22 | 4 | 3 | 3 | 4 | 4 |
23 | 4 | 3 | 3 | 4 | 4 |
24 | 3 | 3 | 3 | 4 | 4 |
25 | 3 | 3 | 3 | 3 | 4 |
26 | 4 | 3 | 3 | 4 | 4 |
27 | 4 | 3 | 3 | 4 | 4 |
28 | 3 | 3 | 3 | 4 | 3 |
29 | 4 | 3 | 3 | 4 | 4 |
30 | 4 | 3 | 3 | 4 | 4 |
Jumlah Nilai Per Unsur | 106 | 90 | 94 | 118 | 117 |
Jumlah Kuesioner Terisi | 30 | 30 | 30 | 30 | 30 |
NRR | 3.53 | 3.00 | 3.13 | 3.93 | 3.90 |
NRRT | 0.07 | 0.06 | 0.06 | 0.08 | 0.08 |
Jumlah NRRT | 0.35 | ||||
Bobot Per Kuesioner | 20.00 | ||||
Jumlah Setuju dan Sangat Setuju | 100% | ||||
IK | 7.00 | ||||
Grade IK | A | (SANGAT BAIK) |
Hasil Indek Kepuasan Siswa (IKS) menunjukkan bahwa jumlah kuesioner terisi sebanyak 30 sampel responden yang dibuatkan dalam 5 pertanyaan dengan bobot 5 kriteria BRRT, diperoleh nilai NRR untuk pertanyaan-1 sebesar 3,53 (NRRT=0,07); pertanyaan-2 sebesar 3,00 (NRRT=0,06); pertanyaan-3 sebesar 3,13 (NRRT=0,06); pertanyaan-4 sebesar 3,93 (NRRT=0,08); dan pertanyaan-5 sebesar 3.90 (NRRT=0,08). Selanjutnya jumlah NRRT sebesar 0.35 untuk setiap bobot per pertanyaan adalah 20.Indeks Kepuasan Siswa (IKS) memperlihatkan hasil sebesar 7,00 yang berarti mendapatkan Grade A (Sangat Baik).
Demikian, press release Kegiatan PPM Dosen Telkom University 2020 Periode ke-2.
Semoga bermanfaat.
Contact Person:
Risnandar, PhD. : risnandar01@gmail.com, risnandartelyu@telkomuniversity.ac.id
Dr. Eng. Ir. Wikky Fawwaz Al Maki, S.T., M.Eng. : wikkyfawwaz@telkomuniversity.ac.id