11
AGU
2015

Visitasi Akreditasi Prodi S1 Teknik Informatika

Bandung, SOC – Senin (10/08/2015), bertempat di ruang rapat gedung Panambulai lantai 3, Fakultas Informatika menerima kedatangan Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang terdiri dari Dr. Ir. Albertus Joko Santoso, MT. dari Universitas Atma Jaya Yogyakarta dan Dr. Ir. Rd. Hari Ginardi, MSc. dari Institut Teknologi Surabaya.

Hari itu akan dilangsungkan visitasi akreditasi program studi S1 Teknik Informatika. Acara yang dimulai pukul 08.00 pagi berlangsung lancar, tanpa kendala berarti. Tahap pertama dilakukan visitasi lapangan oleh kedua asesor kemudian dilanjut dengan penilaian akreditasi.

Salah satu dosen Fakultas Informatika, Ari M. Barmawi, Ph.D. menuturkan bahwa visitasi kali ini berjalan lancar. “Semua proses berjalan lancar, mudah-mudahan mendapatkan hasil yang maksimal seperti yang diharapkan yaitu A”. Senada dengan hal tersebut, Dr. Hari, salah satu asesor juga mengatakan bahwa, “Universitas Telkom merupakan universitas yang sudah berada di jajaran atas”

Akreditasi merupakan upaya penilaian terhadap Institusi secara keseluruhan untuk mengetahui komitmen Institusi terhadap penyelenggaraan akademik dan manajemen dalam standar yang telah ditetapkan. Sedangkan visitasi dilakukan untuk meninjau sarana dan prasarana di kampus yang merupakan bagian dari salah satu standar dari proses akreditasi kemudian melakukan penilaian terhadap akreditasi yang harus dipenuhi dan melakukan evaluasi dari pelaksanaan assesmen.

Hal-hal yang dinilai dalam proses akreditasi adalah tata kelola Universitas, baik dari segi keuangan, akademik, SDM, sarana dan prasarana. BAN-PT melakukan klasifikasi penilaian untuk semua kriteria tersebut berdasarkan 3 aspek, yaitu mutu (50%), efisiensi (25%), dan relevansi (25%).

Foto dokumentasi kegiatan dapat dilihat di : http://soc.telkomuniversity.ac.id/gallery/galeri-visitasi-akreditasi-prodi-s1-teknik-informatika/

Leave a Reply

*

captcha *