12
APR
2016

Tim Hoome Fakultas Infomatika Telkom University Juarai Imagine Cup 2016 Indonesia

Bandung, SOCKompetisi teknologi yang dibuat khusus untuk para pelajar dan mahasiswa, Imagine Cup, kembali diselenggarakan oleh Microsoft pada tahun 2016 ini. Seperti tahun 2015 yang lalu, tahun ini Microsoft kembali mempunyai tiga kategori, yaitu Innovation, Worlds Citizenship, dan Games.

Kemarin (6/4), Microsoft Indonesia menyelenggarakan babak final Imagine Cup 2016 di Indonesia. Ada tiga tim dari setiap kategori yang berlaga, dan harus mempresentasikan karya mereka di hadapan dewan juri dalam waktu sepuluh menit. Di akhir acara, pemenang dari ketiga kategori yang dipertandingkan langsung diumumkan.

Tim Hoome Studio yang merupakan salah satu tim dari Fakultas Informatika (School of Computing) Telkom University yang merupakan gabungan mahasiswa dari Institut Teknologi Bandung dan Telkom University berhasil menjadi juara pertama pada kategori Innovation. Nantinya, pemenang dari babak final di Indonesia ini berhak mengikuti babak semifinal tingkat dunia yang akan dimulai pada akhir April 2016. Jika mereka juga berhasil lolos dari babak tersebut, maka mereka akan terbang ke Seattle pada bulan Juli 2016 untuk mengikuti babak final tingkat dunia, dan memperebutkan hadiah sebesar US$50.000 (sekitar Rp660 juta).

Tim Hoome Studio Dengan produk yang juga bernama Hoome, tim ini mencoba untuk mengimplementasikan sebuah konsep rumah pintar. Dengan berbagai sensor yang dikenakan oleh pengguna , Hoome bisa mendeteksi tingkat stres, mood, dan kesehatan pengguna. Kemudian, Hoome akan mengatur seluruh perangkat elektronik yang ada di dalam rumah agar sesuai dengan kondisi pengguna. Contohnya, apabila sensor mendeteksi seorang pengguna sudah dalam kondisi tidur, maka Hoome akan secara otomatis mematikan atau meredupkan lampu ruangan.

Leave a Reply

*

captcha *