16
JUL
2014

Tiga Mahasiswa Telkom University Masuk 10 Terbaik Sertifikasi HCDA

130614-Huawei_All

JAKARTA, TEL – U – Tiga mahasiswa Fakultas Teknik Elektro dan Fakultas Informatika Telkom University berhasil masuk ke dalam 10 mahasiswa terbaik Program Huawei Certified Datacom Associate(HCDA) Student Training. Mereka adalah Radiah Hamdah, S1 Teknik Telekomunikasi 2011, Devi Fitriani S1 Teknik Telekomunikasi 2010, dan Lugina Muhammad S1 Teknik Informatika 2010.

Program HCDA merupakan pelatihan di bidang telekomunikasi untuk talenta lokal dari Universitas terkemuka Indonesia. Pesertanya berjumlah berasal dari Universitas Gajah Mada(UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Telkom University (Tel-U).

Nama kesepuluh mahasiswa terbaik ini diumumkan pada acara Inauguration Ceremony Student Training di Pustiknas Ciputat Jakarta, Jumat (13/6) lalu. Acara ini dihadiri oleh Kepala Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Teknologi Informasi, Duta BesarTiongkok serta para perwakilan dari Universitas yang mahasiswanya ikut dalam pelatihan ini.

Menurut Kepala Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Teknologi Informasi Basuki Yusuf Iskandar, Indonesia harus menyiapkan dirinya terutama dalam hal sumber daya manusia, menghadapi ASEAN Free Trade Area (AFTA) 2015. “Karena itu, kolaborasi seperti ini sangat penting bagi upaya-upaya pengembangan kompetensi sumber daya manusia terutama untuk bersaing dalam industri telekomunikasi.

Pelatihan dilaksanakan pada 7-12 Juni 2014 di dua lokasi, yaitu Pusat TIK Nasional (Pustiknas) Ciputat Tangerang dan STEI ITB Huawei Training Centre, Bandung. Pelatihan ini berfokus pada sertifikasi jaringan Huawei Certified Datacom Associate (HCDA), yang setara dengan Standar Kompentensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Network Administrator.

Sertifikasi para peserta ditandatangani PT Huawei Tech Investment dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Komunikasi dan Teknologi Informasi (Balitbang Kominfo), PT Telkom dan PT Telkomsel. Sertifikasi ini berguna dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM) khususnya menghadapi AFTA 2015.

Presiden Direktur PT Huawei Tech Investment, Mr Sheng Kai mengaku sanagat antusias dalam berkontribusi meningkatkan industri telekomunikasi di Indonesia. “Salah satu caranya dengan membantu menyiapkan talenta-talenta ICT lokal muda, melalui program CSR global kami, yaitu Telecom Seeds for the Future,” katanya.

Para peserta diseleksi melalui tahapan tes administrasi dan wawancara sehingga terkumpul 100 orang. Mereka adalah angkatan pertama HCDA Student Training dimana seluruhnya bersifat gratis. Peserta dari Tel-U yang berhasil lolos sebanyak 43 orang yang sebagian besar adalah mahasiswa Fakultas Teknik Elektro.

Dengan materi pelatihan meliputi IP Network Fundamental, Network Protocol Principle and Configuration, Switch Protocol Principle and Configuration, WAN Technique and Configuration, dan Firewall Technique and Configuration. Sistem pelatihan yang diberikan menggunakan metode satu hari membahas mengenai satu topik secara teori dan praktik langsung menggunakan alat.

“Semua pelatihan yang diberikan merupakan ilmu tambahan baru yang berbeda dari alat-alat yang digunakan di kampus, selama pelatihan kami diajarkan semua alat-alat yang dipakai olehPT Huawei Tech Investment” kata Ammatia Risty, mahasiswa S1 Teknik Telekomunikasi 2010 yang menjadi peserta pelatihan.

Sedangkan Lugina Muhammad, salah satu mahasiswa terbaik mengatakan sangat senang dapat mengikuti pelatihan ini apalagi karena dia terpilih sebagai salah satu peserta terbaik dari Telkom University. “Saya senang karena bisa menambah ilmu terutama tentang teknologi yang dikembangkan di sini. Selain itu saya juga bisa mengenal teman dari kampus lain yang jadi peserta,” katanya saat diwawancarai seusai acara.

Seluruh bahan pelatihan dan sertifikasi akan berguna bagi para peserta pada saat mereka akan melamar pekerjaan dan sudah siap untuk menghadapi dunia industri yang sebenarnya. Kesepuluh peserta terbaik ini akan diberi kesempatan magang selama 2 bulan di Telkomsel. (purel/rls/raf)

Leave a Reply

*

captcha *