14
JUL
2014

Kegiatan Pengabdian Masyarakat bagi Kader Posyandu Bojongsoang

Thumbnail Image PM_FIF_Posyandu

Salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi selain Pendidikan dan Pelatihan, adalah kegiatan Pengabdian Masyarakat (P2M).  P2M merupakan pelaksanaan pengamalan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni budaya langsung pada masyarakat secara kelembagaan untuk turut mengembangkan kemampuan masyarakat, sehingga dapat mempercepat laju pertumbuhan tercapainya tujuan pembangunan nasional.

Bertempat di Aula Kantor Desa Bojongsoang pada Jumat (4/7/2014), 3 dosen Fakultas Informatika yang terdiri dari Dr. Adiwijaya, Fhira Nhita, MT., dan Rian Febrian Umbara, M.Si., mengajak para Kader Posyandu di daerah Desa Bojongsoang untuk berlatih microsoft word, microsoft excel, email maupun internet juga penggunaan database demi memudahkan kerja kader Posyandu.

Menurut salah satu pembicara dalam Program Pengabdian Masyarakat bagi kader Posyandu, Fhira Nita, MT., “Pengabdian yang kali ini dilakukan merupakan upaya lanjutan dari program pengabdian masyarakat sebelumnya.  Program pertama adalah pelatihan komputer dan microsoft office sekarang dilanjutkan dengan demo database”, lanjutnya.

Penggunaan database akan sangat berpengaruh dalam pelaksanaan program Posyandu.  Para kader Posyandu akan memiliki data yang akurat dan mutakhir, sehingga memudahkan Posyandu untuk dapat melakukan tindak lanjut terkait data yang ada dan masalah yang dialami oleh sasaran Posyandu.  “Database dibuat dalam tujuh format baku laporan.  Ketujuh format baku laporan tersebut adalah buku register kelahiran dan kematian bayi, ibu hamil, ibu melahirkan, dan ibu nifas; buku register wanita usia subur (wus) dan pasangan usia subur (pus); buku register bayi dan balita yang mencatat jumlah seluruh bayi dan balita di wilayah Posyandu; buku catatan kegiatan pertemuan yang diselenggarakan oleh Posyandu; buku catatan kegiatan usaha apabila Posyandu menyelenggarakan kegiatan usaha; buku pengelolaan keuangan; dan buku kebutuhan Posyandu sesuai dengan kegiatan yang dilaksanakan” lanjutnya.

Selain pelatihan, dalam kesempatan tersebut juga dilakukan hibah pengadaan empat (4) unit komputer, printer, dan modem internet kepada kader Posyandu Desa Bojongsoang. “Hal ini kami lakukan agar hasil pelatihan yang kami berikan dapat lebih terealisasikan dengan baik” tambah Nita.  – LEN

Leave a Reply

*

captcha *