02
SEP
2014
Smart City Bandung

Smarty City Bandung, Bukan Lagi Hanya Impian

BANDUNG, SOC – Universitas Telkom ikut andil dalam pengembangan Bandung Kota Cerdas (Smart City). Adalah Dr. Maman Abdurohman (Dekan Fakultas Informatika Universitas Telkom), Jangkung Raharjo (Direktur Bandung Techno Park), Dr. Rina Pudji Astuti (Dekan Fakultas Teknik Elektro Universitas Telkom), dan Dr. Helni Mutiarsih Jumhur (Fakultas Ekonomi dan Bisnis). Mereka semua adalah perwakilan Academia yang diundang untuk dilantik menjadi Tim Dewan Pengembangan Bandung Kota Cerdas (Smart City) di Hotel Panghegar, Jumat (29/08/2014).

Dewan Pengembangan ini nantinya akan bertugas untuk merancang konsep pengembangan Bandung berbasis teknologi. Menurut Ridwan Kamil Walikota Bandung, “Dewan Pengembangan ini dipilih dari unsur ABG, ABG adalah Academia, Business, dan Government”.

“Smart City berarti teknologi apapun yang dipakai di Kota Bandung dengan tujuan untuk mempermudah urusan”, lanjut Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil. Dalam waktu dekat ini, Tim Dewan Pengembangan yang diketuai oleh putra Presiden RI ketiga B.J. Habibie, Ilham Akbar Habibie akan segera merumuskan cetak biru dan konsep Kota Bandung Smart City. “Dan bulan September mendatang, rancangan tersebut akan disinkronkan dengan APBD 2015“, katanya.

Smart City harus meliputi seluruh sektor, seperti transportasi, kesehatan, pendidikan dan infrastruktur. “Langkah selanjutnya adalah membagi kelompok kerja (pokja) dan membuat perencanaan yang fokus pada bidang masing-masing dan membuat laporan balik, nanti kita liat bagaimana bisa diintegrasikan kepada sistem yang menyeluruh”, ujar Ilham.

“Proyek ini adalah proyek publik, diutamakan untuk pelayanan publik dan demi warganya agar dapat meningkatkan kualitas hidup”, lanjutnya. Dia menargetkan agar seluruh konsep perencanaan dapat selesai tahun ini. Sehingga pada 2015 mendatang warga Kota Bandung sudah dapat merasakan hasilnya. – LEN

Detail Galeri foto dapat dilihat di http://soc.telkomuniversity.ac.id/gallery/galeri-pelantikan-dewan-pengembangan-smart-city-bandung/

Leave a Reply

*

captcha *