Produk inovasi Fakultas Informatika berhasil meraih Adi Cipta Tata Wahana Nusantara Award dalam Lomba Penelitian Transportasi Tingkat Nasional Tahun 2016 yang digelar Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pada Rabu (27/10/2016). Award ini diberikan langsung oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

Adalah Dody Qory Utama, salah satu dosen Fakultas Informatika yang menerima award tersebut. Dody dkk mengungguli tim lain melalui Brainstat. Brainstat adalah aplikasi pemantau sinyal otak untuk mencegah human error kecelakaan transportasi. Aplikasi ini akan menangkap sinyal otak dan memetakan gelombang otak untuk kemudian ditransmisikan ke aplikasi di smartphone.

Penelitian Brainstat telah dilakukan sejak tahun 2010 dengan Dody sebagai periset utama dan seorang dokter spesialis otak bernama Dr. Tauhid Nur Azhar. Akhirnya pada tahun 2015 ini, aplikasi ini selesai dikembangkan.

Berikut merupakan pemenang dari setiap kategori (sumber: www.dephub.go.id)

Kategori SMA/S1 pemenang Lomba Penelitian Transportasi Tingkat Nasional Tahun 2016 adalah:

1. Andri Bharata Hutapea (Jakarta) Judul penelitian: prediksi trajektori pesawat berdasarkan data ADS-B sebagai sistem pembantu pengambilan keputusan seorang ATC untuk mencegah terjadinya tabrakan pesawat. 2. Sorfian (Pontianak) Judul penelitian: rancang bangun prototipe sistem peringatan dini wind shear tail wind dan cross wind untuk keselamatan take off dan landing pesawat terbang. 3. Reza Aulia Akbar (Surabaya) Judul penelitian: inovasi optimalisasi sistem winglet dengan sudut cont adaptif pada pesawat komersial untuk peningkatan performa terbang dan efisiensi avtur dalam mewujudkan penerbangan yang ekonomis, aman, serta nyaman di Indonesia.

Sedangkan untuk kategori S2/S3 pemenang Lomba Penelitian Transportasi Tingkat Nasional Tahun 2016 adalah:

1. Dody Qory Utama (DKI Jakarta) Judul penelitian: Pencegahan kecelakaan transportasi dengan pemantauan sinyal otak menggunakan Brainstat. 2. Henny Harumi (Medan) Judul penelitian: Inovasi optimalisasi sistem ramp checking terintegrasi berbasis mobile dalam penentuan kesiapan pesawat dalam meningkatkan keamanan, keselamatan penumpang, dan meminimalisir kecelakaan penerbangan. 3. Evi Septiana Pane (Surabaya) Judul penelitian: Deteksi otomatis benda tajam pada citra x-ray bagasi dengan pendekatan computer vision.