22
JAN
2015

Prodi Ilmu Komputasi Tel-U Targetkan Kolaborasi Penelitian

Bandung, SOC – Telkom University menargetkan menjadi perguruan tinggi berbasis riset di tahun 2017. Menciptakan iklim riset hingga level prodi penting dilakukan untuk mewujudkan cita-cita tersebut. Menurut Kaprodi Ilmu Komputasi Dr. Deni Saepudin, S.Si., M.Si, penelitian yang dilakukan prodi harus bisa berkolaborasi dengan pihak eksternal agar riset semakin bermanfaat.

“Budaya riset di Ilmu Komputasi tumbuh cukup baik. Ditunjukan dengan banyaknya hibah penelitian dan dana riset yang cukup tinggi. Prodi Ilmu Komputasi menargetkan setiap dosen dapat terlibat dalam kegiatan penelitian. Terutama penelitian-penelitian yang didanai oleh pihak luar seperti DIKTI atau instansi pemerintah, swasta, dan pihak internasional,” jelas Deni.

Ihwal pengabdian pada masyarakat, Ilmu Komputasi berencana membangun sistem keuangan desa bagi pemerintah desa di tahun 2015. Pun, Deni mengabarkan kegiatan pengabdian masyarakat di Ilmu Komputasi selama tahun 2014 banyak dilakukan melalui kegiatan pemanfaatan IPTEK bagi masyarakat.

“Sebagian besar dari kegiatan tersebut dibiayai oleh DIKTI. Dengan target kegiatan di antaranya kalangan pemerintah daerah dan kader Posyandu. Kegiatan lainnya adalah memperkenalkan pemanfaatan High Performance Computing untuk Usaha Kecil dan Menengah,” jelas Deni.

Leave a Reply

*

captcha *