05
PEB
2015

Prof. Teddy Mantoro

Prof. Teddy Mantoro

Professor in Computer Science
Universitas Siswa Bangsa International
Jl. MT Haryono Kav. 58-60, Jakarta Selatan, 12780, Indonesia


Hari/Tanggal : Rabu, 16 Juli 2014
Waktu : 10.00 – 15.00 WIB
Tempat : Ruang Multimedia Gedung LC Lantai 2
Agenda : Internet of Things “Emerging Trend Sensing, Computing and Communication“

 
 
MINUTES OF MEETING

Internet of Things (IoT) merupakan tren teknologi masa depan penginderaan, komputasi, dan komunikasi. IoT mengacu pada tren yang muncul mulai dari menambah obyek fisik dan perangkat dengan penginderaan, komputasi dan kemampuan komunikasi, menghubungkan untuk kemudian membentuk jaringan dan memanfaatkan efek kolektif dari objek jaringan. IoT merupakan generasi berikutnya dari internet yang akan meningkatkan interaksi yang harmonis antara manusia, komputer, dll. Sayangnya tingkat pengetahuan tinggi tidak dapat diperoleh secara langsung dari perangkat IoT, melainkan berasal langsung dari data penginderaan mentah menggunakan data mining dan machine learning teknik-teknik canggih. Jaringan wireless termasuk MANET dan VANET mengambil peran sebagai jembatan antara lingkungan komputasi dan pengguna (manusia). Skenario pelaksanaan konsep IoT telah dilaporkan oleh penelitian yang dilakukan di seluruh dunia.

Tujuan dibuatnya IoT adalah untuk membuat para pengguna berinteraksi dengan “hal-hal” yang lebih mudah dalam hal lingkungan cerdas dimana hal-hal tersebut tersebar luas, pada saat yang sama terdapat dimana-mana, dan tertanam di lingkungan sekitar kita. Prosedur yang dibuat tidak perlu dibuat sulit, membosankan atau sulit untuk dipelajari atau dipahami, tetapi harus berpotensi menjadi aman, mudah, sederhana, dan mengaktifkan fungsi-fungsi baru tanpa perlu belajar teknologi baru, artinya dengan IoT para pengguna akan mendapatkan informasi yang relevan dengan cara yang sederhana. Beberapa aplikasi yang telah berhasil dibuat berdasarkan IoT adalah NFC School System, NFC Payment System, Elderly Monitoring, dan Smart Parking.


KEYNOTE SPEAKER APPOINTMENTS


INVITED SPEAKER

  • ICANN  (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers) meeting 49, entitled “Interactive Peer-Tracking Framework for Hajj Pilgrims”, in Raffles City Convention Center, Singapore, (23-28 March 2014).
  • APRICOT (Asia Pacific Regional Internet Conference on Operational Technologies) 2014, entitled “Searching for a Reliable Emergency Communication Infrastructure Model Between Rescue Team and Victims during Disasters”, Petaling Jaya, Malaysia, (18-28 Feb 2014).