07
SEP
2015

Pengabdian Masyarakat Penerapan Teknologi Location Awareness System Untuk Peningkatan Perekonomian Pengusaha UMKM Pangandaran

Bandung, SOC – Kamis (03/09/2015), Fakultas Informatika Universitas Telkom kembali menggelar kegiatan pengabdian masyarakat. Kali ini bertempat di Setia Hotel, Pangandaran, para pengusaha mikro-kecil-menengah (UMKM) mengikuti pelatihan “Penerapan Teknologi Location Awareness System Untuk Peningkatan Perekonomian”.

Acara yang diketuai oleh Dekan Fakultas Informatika, Dr. Maman Abdurohman ini menghadirkan sekitar 25 peserta yang merupakan pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Pakaian Pantai (AP4) Pangandaran. Dr. Maman mengatakan bahwa pengandaran merupakan daerah pariwisata yang dikunjungi ratusan hingga ribuan pengunjung setiap tahun yang memicu munculnya banyak pengusaha kecil dan menengah. Dalam memasarkan usahanya masing-masing, para pengusaha tersebut membutuhkan teknologi yang dapat mendorong wisatawan untuk membeli produk mereka.

“Pangandaran merupakan daerah wisata yang banyak dikunjungi wisatawan”, ujar Dr. Maman.
“Sehingga diperlukan cara yang memudahkan pengusaha untuk meningkatkan kompetisi antar pengusaha dalam memasarkan produk-produknya”, lanjutnya.

Dalam acara ini memberikan paparan tentang prototype aplikasi Location Awareness System dan pelatihan internet marketing. Pelatihan ini akan memberikan 3 materi yaitu facebook marketing yang dipresentasikan oleh Novian Anggis, twitter marketing yang dipresentasikan oleh Sidik Prabowo dan instagram marketing yang dipresentasikan oleh Yusza.

Teknologi yang berusaha diperkenalkan untuk para pengusaha tersebut adalah Location Awareness System. Location Awareness System adalah teknologi berbasis internet yang dapat digunakan wisatawan untuk mendapatkan informasi secara akurat dan tepat berbasis pada lokasi-lokasi yang diinginkan oleh wisatawan tersebut. Bagi para pengusaha, teknologi ini dapat dimanfaatkan untuk melakukan marketing atau promosi kepada calon pembeli/pengguna jasa teknologi.

“Teknologi Location Awarenss System adalah teknologi yang memberikan informasi beserta lokasi sehingga dapat memandu wisatawan mendapatkan apa yang mereka ingin beli di pangandaran”. Ungkap yusza yang merupakan salah satu programmer aplikasi tersebut.
“Mudah-mudahan pelatihan ini memberikan manfaat bagi para pengusaha dan akhirnya dapat meningkatkan perekonomian mereka”, tutupnya.

Foto dokumentasi kegiatan dapat dilihat di : http://soc.telkomuniversity.ac.id/gallery/galeri-pengabdian-masyarakat-penerapan-teknologi-location-awareness-system-untuk-peningkatan-perekonomian-pengusaha-umkm-pangandaran/

Leave a Reply

*

captcha *