“WORKSHOP PRELIMINARY INTERNET OF THINGS”

Kebutuhan Industri dan Masyarakat saat ini akan Teknologi adalah pada Bidang Internet of Things  (IoT)yang diimplementasikan untuk mengotomatisasi proses dan kontrol dengan menggunakan perangkat-perangkat Sensor, Mikrokontroller maupun Mikroprosessor. Saat ini IoT adalah platform penting dalam mendukung Industri 4.0. Potensi IoT dipercaya sangat besar dan merupakan bisnis di masa depan. Pemerintah saat ini sangat mendorong sektor-sektor seperti bidang Teknologi Komunikasi, Smart card, Fiber Optic, Solar Panel, Lighting (Energy Saving), dan Digital Television guna dapat bersaing di era Industri 4.0. Selain itu, IoT saat ini dapat diimplementasikan unto Teknologi Pertanian, Teknologi Keamanan, dan dikembangkan lebih jauh lagi dengan mengkombinasikan bersama Algoritma Kecerdasan Buatan (AI).

Potensi di atas merupakan peluang besar bagi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 untuk memiliki kompetensi di Bidang IoT bukan hanya untuk Program Kejuruan Sistem Informasi Jaringan dan Aplikasi tetapi juga untuk dikenalkan kepada Tiga Program Kejuruan lain sebagai Bahan kajian yang disesuaikan dengan Kompetensi Program Kejuruan masing-masing. Peluang ini dimanfaatkan oleh para Guru dan Siswa SMKN 1 Cimahi untuk merancang sistem yang didukung perangkat-perangkat IoT.

SMKN 1 Cimahi merupakan salah satu Lembaga Pendidikan Menengah Kejuruan di Kota Cimahi, Jawa Barat yang menyelenggarakan Program Pendidikan Kejuruan Empat Tahun dari Delapan SMK Negeri di Indonesia. Pembangunan Fisik dari SMK ini dimulai sejak tahun 1969, di atas tanah seluar 3,4 Ha dan telah menerima siswa sejak Tahun 1974 dan diresmikan pada 24 Maret 1977 dengan nama Sekolah Teknologi Menengah (STM) Pembangunan Bandung.

SMK ini menjadi sekolah favorit dan terbukti telah menghasilkan lulusan-lulusan yang kompeten, dimana banyak lulusan dari SMK ini selain melanjutkan Studi pada jenjang Diploma maupun Sarjana di Universitas Telkom, juga salah satu alumninya menjadi dosen di Universitas Telkom. Sekolah ini memiliki visi Menjadi SMK Unggulan yang menghasilkan Sumber Daya Manusia Bermutu dan Berdaya Saing Tinggi. Melalui visi tersebut SMK Negeri 1 Cimahi ini memiliki Misi antara lain, Menyiapkan siswa menjadi calon tenaga kerja yang handal serta mampu bersaing di tingkat Regional maupun Global dan Meningkatkan Pelayanan Pendidikan dan Pengelolaan Sekolah melalui Layanan Prima. SMKN 1 Cimahi memiliki 8 Program Keahlian antara lain adalah Sistem Informasi Jaringan dan Aplikasi, Teknik Elektronika Industri, Teknik Otomasi Industri dan Instrumentasi dan Otomatisasi Proses. Empat Program Keahlian ini akan menghasilkan lulusan yang dengan Kompetensi Membuat Sistem Kendali Elektronik dan Otomatisasi Proses, Mikroprosesor dan Mikrokontroller dan Infrastruktur, Platform, Layanan Komputasi Awan dan Sistem Internet of Things (IoT).

Program Pengabdian Masyarakat Dosen dari Kelompok Keahlian Telematika di SMK Negeri 1 Cimahi ini bukan yang pertama kali. Kegiatan Pengabdian Masyarakat kali ini berupa Kegiatan Workshop Prelimenary Internet of Things yang dihadiri oleh lebih dari 60 peserta dari Siswa perwakilan beberapa Program Studi. Antusias peserta sangat terlihat sekali pada kegiatan ini. Jumlah peserta workshop yang direncanakan tanya unto 20 orang siswa saja, menjadi lebih dari 60 orang.

Kegiatan ini berisi Workshop mulai dari merakit devais yang kemudian dilanjutkan dengan dan mengimplementasikan Mikrokontroller Arduino dengan beberapa sensor, salah satunya dalah Sensor Suhu. Pada kegiatan ini pula, telah diserahkan modul pelatihan sekaligus paket devais sebanyak 40 paket.

Beberapa umpan balik dari siswa setelah Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini adalah diharapkan program seperti ini dilanjutkan dengan materi selanjutnya yaitu Internet of things dengan ditambahkan kecerdasan buatan, Big data dan Cyversecurity. Rata-rata umpan balik dari peserta sangat setuju dan setuju sebanyak 95,62% bahwa Kegiatan ini sudah sesuai dengan tujuan, sesuai kebutuhan dan diharapkan dilanjutkan di masa yang akan datang.

Adapun untuk teaser kegiatan pengabdian masyarakat ini, dapat dilihat pada video berikut.

-ADR-