21
AGU
2014

Pelatihan Latex Bagi Dosen Fakultas Informatika

Bandung, SOC – Bagi Anda yang berprofesi sebagai Pengajar, tentunya sudah tidak asing dengan LaTeX.  Latex biasanya digunakan untuk menulis jurnal atau hasil penelitian ilmiah yang terstruktur. Tapi bagi sebagian dari Anda mungkin masih bingung mengenai Latex, apa sebenarnya Latex itu?

Latex adalah word processor (pengolah kata, pembuat dokumen) mirip dengan Microsoft Word. LaTeX lebih cocok digunakan untuk membuat dokumen yang panjang dan terstruktur. LaTeX memungkinkan penulis/penggunanya untuk melakukan type setting dan mencetak hasil kerjanya dalam bentuk tipografi yag terbaik. Oleh karenanya LaTeX paling banyak digunakan oleh para matematikawan, ilmuwan, insinyur, akademisi, dan profesional lainnya.

Beberapa kelebihan menggunakan LaTeX dibanding word processor yang lain :

  1. Memiliki format dokumen yang terstruktur sehingga membuat dokumen terlihat sangat profesional dan sempurna.
  2. Segala jenis formula matematis dapat dituliskan dengan mudah. List gambar, List tabel, Daftar Pustaka, footnote bahkan daftar isi dapat secara otomatis dibuat oleh program.
  3. LaTeX melatih dan memaksa pengguna untuk membuat dokumen dengan struktur yang baik dan benar, sehingga tidak terjadi kerancuan dalam penulisan.

Tapi dari sekian kelebihan tersebut terdapat kekurangan Latex, yaitu :

  1. Sangat sulit untuk menuliskan dokumen yang tidak terstruktur.
  2. Memerlukan kecerdasan manusia.
  3. Penggunaan yang sulit dan tidak user-friendly sehingga harus benar-benar harus belajar dalam penggunaannya.

Mengingat pentingnya kegunaan dari Latex tersebut, maka pada hari Senin (18/08/2014) pukul 09.00 pagi bertempat di Ruang Rapat Fakultas Informatika Gedung D Lantai 1 diadakan Workshop Latex.  Acara yang digagas oleh salah satu dosen Fakultas Informatika Bapak Moch. Arif Bijakasana mendapat apresiasi yang sangat baik.  Tetapi karena keterbatasan peserta hanya sekitar 20 orang dosen yang dapat mengikuti workshop tersebut.

Workshop Latex yang pertama kali diadakan ini menghadirkan Bapak Bayu Erfianto, salah seorang dosen Fakultas Informatika sebagai penyaji materi.  “Latex ini sangat berguna bagi para dosen, untuk dapat menuliskan jurnal atau hasil ilmiah penelitiannya”.  Ujar Bayu.  “saya harap semakin banyak dosen yang dapat menggunakan LaTeX”, lanjut Bayu.

Leave a Reply

*

captcha *