10
PEB
2015

Mewujudkan Visi Fakultas Informatika “Menjadi Fakultas Berkelas Dunia”

Bandung, SOC – Selasa (10/02/2015), Rapat Pimpinan Telkom University (Rapim Tel-U) kembali digelar. Kali ini, giliran Fakultas Informatika menjadi tuan rumahnya. Bertempat di Gedung Panambulai Lantai 3, Rapim Tel-U berlangsung hangat.

Rapim Tel-U kali ini terasa istimewa. Kerjasama dengan Bank Negara Indonesia (BNI) 46 akan diberikan secara simbolis dalam acara ini. Uang senilai Rp. 15 juta diberikan BNI 46 untuk pembinaan lingkungan di Telkom University.

“Kegiatan ini menjadi bagian CSR BNI dalam bentuk program bina lingkungan”, kata Mariani.

Penyerahan bentuk partisipasi secara simbolis diberikan oleh Head of Business Banking Kantor BNI Wilayah Bandung, Mariani kepada Rektor Tel-U, Prof. Mochamad Ashari, M.Eng., Ph.D.

Sesuai dengan tujuan penggunaannya, Tel-U memanfaatkan dana ini untuk pembelian tempat sampah yang tersebar di kawasan Tel-U. Masing-masing tempat sampah terdiri dari sampah organik dan anorganik.

Selain agenda kerjasama tersebut, dalam Rapim kali ini, Fakultas Informatika memberikan ucapan selamat kepada Prof. Mochamad Ashari, selaku Rektor Tel-U karena berhasil mendapatkan peringkat ke-96 Scientist se-Indonesia versi Webometrics. Acara ini ditandai dengan pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh Rektor.

Acara selanjutnya merupakan pemaparan Dekan Fakultas Informatika, Dr. Maman Abdurohman. Sesuai dengan rencana strategis Fakultas Informatika Tahun 2014-2018 untuk membawa dan mewujudkan Fakultas Informatika berkelas dunia yang berperan aktif dalam pengembangan ilmu pengetahuan bidang Computing berbasis teknologi informasi pada tahun 2018, maka Fakultas Informatika saat ini sedang mengembangkan aplikasi SMS Broadcast Nilai. SMS Broadcast Nilai adalah aplikasi yang bertujuan untuk mengirimkan Lembar Kemajuan Studi (LKS) kepada para orang tua siswa. Saat ini, orang tua siswa masih menerima LKS dalam bentuk hard copy yang dalam kenyataannya selain membutuhkan effort yang lebih besar juga biaya yang tidak sedikit.

“Diharapkan dengan adanya aplikasi ini, orang tua siswa dapat mengetahui kemajuan studi putra-putrinya secara berkala”, ujar Dr. Maman.

“Selain itu, Fakultas Informatika juga sedang memantapkan materi International Journal on ICT (IJoICT) yang sampai dengan saat ini sudah terbit 1 kali di bulan Desember 2014 lalu”, lanjutnya.

Sedangkan untuk ke depannya, Fakultas Informatika menargetkan untuk membuka kelas internasional dengan menggandeng beberapa partners luar negeri, seperti Magdeburg University-Germany, Kumoh Inst. Tech.,-Sout Korea, Saxion Univ.-Netherland, University of South Australia-Australia, dan Multimedia University-Malaysia.
“Ini dilakukan untuk mewujudkan academic excellence, disamping pengusulan Program Studi baru yaitu S1 Teknologi Informasi yang sedang dalam proses”, lanjutnya.

Dan untuk target dekat ini, dalam rangka mempersiapkan borang akreditasi di bulan Juni 2015, kami memerlukan dukungan dari seluruh sivitas akademika Tel-U”, tutup Dr. Maman.

Galeri kegiatan dapat dilihat di : Galeri Rapim Telkom University di Fakultas Informatika

Leave a Reply

*

captcha *