26
NOV
2014

Kunjungan Dr. Mettina Veenstra, menuju Universitas Kelas Dunia

Bandung , SOC – Dalam mewujudkan visi Indonesia menjadi negara maju di tahun 2025.  Universitas Telkom juga berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan nasional, dimana di tahun 2017 Universitas Telkom berkeinginan untuk mencapai universitas berkelas dunia.

Sejalan dengan hal tersebut, salah satu faktor yang menjadi fokus yakni penguatan kerjasama internasional.  Selama satu minggu ini, dimulai pada hari Minggu, 1 November 2014 hingga 5 November 2014, Universitas Telkom menerima kunjungan Saxion University, Netherlands yang diwakili oleh Dr. Mettina Veenstra.

Dr. Mettina adalah salah seorang Profesor di bidang Media Technology Design.  Wanita yang menyelesaikan gelar Ph.D. dari University of Groningen ini memiliki fokus penelitian di bidang ICT in public space.  Mottonya adalah “I bring passion for public spaces”.

Dalam kunjungannya kali ini, Dr. Mettina mengunjungi 5 Fakultas yang berada di bawah Telkom University.  Dimulai di hari pertama, meeting dengan Rektor Telkom University, Dekan School of Creative Industries, dan Kaprodi Textile and Fashion Design.  Dalam pertemuan tersebut dibicarakan kemungkinan adanya kerjasama antara Telkom University dan Saxion University.  Bentuk kerjasama tersebut antara lain pertukaran pelajar antara kedua Universitas, peningkatan kualifikasi dosen melalui pendidikan Doktoral serta penelitian bersama (joint research).

Esok harinya, sekitar pukul 08.00 pagi, Dr. Mettina ditemani oleh Florita, salah seorang dosen Fakultas Informatika melakukan tour the campus menggunakan sepeda.  Rute tour dimulai dari Gedung D mengitari gedung Fakultas Informatika, gedung Asrama, gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Bandung Techno Park kemudian berakhir di Danau.  Tak lupa di setiap tempat persinggahan, Dr. Mettina dan Florita mengabadikannya dalam setiap foto.

Acara hari itu belum selesai.  Dr. Mettina dijadwalkan hadir di kelas sebagai Guest Star mata kuliah bahasa inggris.  Saat mahasiswa diperkenalkan dengan Dr. Mettina, mereka terlihat antusias.  Apalagi dengan sistem belajar yang diterapkan Florita untuk menjawab pertanyaan yang telah diundi sebelumnya, terlihat seluruh mahasiswa berusaha tampil sebaik mungkin.  Ditambah dengan pertanyaan yang diberikan Dr. Mettina membuat mahasiswa lebih percaya diri karena memiliki pengalaman mempraktikan bahasa inggris langsung dengan penutur asing.

Esok harinya, Dr. Mettina masih mengelilingi fakultas-fakultas Universitas Telkom.  Jadwal hari itu mencakup diskusi dengan Management of Telkom Applied Science School dan International Office.  Disebutkan bahwa kedua Universitas harus memperkuat network dalam menghadapi globalisasi.  Terlebih di tahun 2015 dengan adanya Asean Free Trade Area (AFTA), Universitas Telkom perlu menguatkan institusinya, misalnya dengan meningkatkan kemampuan bahasa asing, maupun prestasi mahasiswa di kancah internasional.

Hari terakhir dalam kunjungan Dr. Mettina, diisi dengan kuliah umum yang dihadiri oleh mahasiswa sarjana dan pasca sarjana Fakultas Rekayasa Industri dan Fakultas Informatika.  Acara dilanjutkan dengan makan siang bersama Dekanat Fakultas Informatika, dilanjutkan sharing research.  Dalam kesempatan tersebut, Dr. Mettina membagi pengalamannya mengenai riset ICT.  Dr. Mettina banyak mengeksplorasi bagaimana teknologi atau ICT dapat berkontribusi di ruang publik.  Misalnya bagaimana layar publik yang digunakan di perpustakaan, pariwisata, dan perbelanjaan di pusat kota dapat menciptakan ruang publik yang lebih bermakna dan menarik.

Kunjungan Dr. Mettina tersebut memperlihatkan kegigihan Universitas Telkom mewujudkan visinya sebagai Institusi pendidikan berkelas dunia.  Support berbagai Universitas merupakan penguatan jaringan institusi melalui jalur kerjasama internasional.  Tawaran kerjasama yang diberikan dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk meningkatkan posisi Universitas Telkom di mata dunia.

Leave a Reply

*

captcha *