Bandung, SOC - Kamis, (19/03/2015), Fakultas Informatika Telkom University menerima kedatangan Tim Pusat Laboratorium Forensics Bareskrim POLRI. Kedatangan mereka kali ini, adalah untuk sharing mengenai network dan image forensics. Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Pusat Laboratorium Forensics Bareskrim POLRI: Kombes Andi Firdaus, Kepala Laboratorium Komputer Forensic Bareskrim POLRI: AKBP Muhammad Nuh Al-Azhar, Dekan Fakultas Informatika: Dr. Maman Abdurohman, Wakil Dekan 1 Fakultas Informatika: Dr. Adiwijaya, dan Wakil Dekan II Fakultas Informatika: Rimba Whidiana Ciptasari, Ph.D. beserta rekan-rekan dosen dan mahasiswa Lab. Foresty.

“Kedatangan kami kali ini adalah untuk sharing dengan teman-teman penelitian, kami tidak menutup kemungkinan jika ada masukan dari teman-teman mengenai diskusi kita hari ini”, kata Kombes Andi Firdaus.

Forensik jaringan (Network forensic) merupakan proses menangkap, mencatat dan menganalisa aktivitas jaringan guna menemukan bukti digital (digital evidence) dari suatu serangan atau kejahatan yang dilakukan terhadap atau dijalankan menggunakan jaringan komputer sehingga pelaku kejahatan dapat dituntut sesuai hukum yang berlaku.

Bukti digital dapat diidentifikasi dari pola serangan yang dikenali, penyimpangan dari perilaku normal jaringan ataupun penyimpangan dari kebijakan keamanan yang diterapkan pada jaringan.

“Terdapat 5 bidang forensics yang ditangani oleh Bareskrim POLRI, yakni: narkoba, dokumen forensics, balistics & metodologi forensics, kimia & biologi forensics, serta fisika & komputer forensics”, lanjutnya.

Network forensics (forensics jaringan) adalah cabang dari forensik digital yang berkaitan dengan pemantauan dan analisis lalu lintas jaringan komputer untuk tujuan pengumpulan informasi, bukti hukum, atau deteksi intrusi.

Forensik jaringan umumnya memiliki dua kegunaan. Yang pertama, berkaitan dengan keamanan yang melibatkan pemantauan jaringan untuk lalu lintas anomali dan mengidentifikasi intrusi. Dan kedua berkaitan dengan penegakan hukum. Dalam hal ini analisis lalu lintas jaringan ditangkap yang mencakup tugas-tugas menyusun kembali file transfer, mencari kata kunci dan parsing komunikasi seperti email atau sesi chat.

Galeri kegiatan dapat dilihat di : http://soc.telkomuniversity.ac.id/gallery/galeri-discussion-and-sharing-network-and-image-forensics/