Kewajiban Perguruan Tinggi tidak hanya menyelenggarakan pendidikan saja, tetapi juga bertanggungjawab untuk melaksanakan fungsi lain yaitu penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Tiga kewajiban tersebut dikenal dengan Tridharma Perguruan Tinggi. Sebagai bagian dari tridharma tersebut, Kelompok Keahlian Telematika Fakultas Informatika Universitas Telkom menyelenggrakan program pengabdian kepada masyarakat untuk guru dan siswa SMKN 1 Cimahi. Pengabdian kepada Masyarakat adalah kegiatan sivitas akademika yang memanfaatkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ntuk memajukan kesejahteraan masyarakat dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan tanggal 2 Agustus 2018 di Lab Telematics Fakultas Informatika tersebut diberikan materi pelatihan Internet of Things (IoT) yang memang sangat dibutuhkan oleh SMKN 1 Cimahi untuk proses belajar mengajar di sekolah tersebut. Materi  yang diberikan meliputi konsep dasar internet of things, mikrokontroler, Arduino, nodemcu, sensor, actuator, dan Thisngspeak serta praktek dari konsep-konsep yang telah disampaikan sebelumnya.

Peserta pelatihan berjumlah dua puluh orang dengan komposisi delapan orang guru dan duabelas orang siswa. Mereka berasal dari tiga program studi yang berbeda yaitu Teknik Transmisi, Teknik Komputer Jaringan, dan Elektronika Industri. Salah satu perwakilan peserta yang juga menjabat Ketua Program Studi Elektronika, Drs. Deni Ogan Alibasah, MT, menyampaikan bahwa pelatihan yang diberikan sangat bermanfaat khususnya untuk menyiapkan mata pelajaran khusus tentang IoT di SMKN 1 Cimahi.